Rabu, 08 Januari 2014

HUBUNGAN KADAR DEBU TERHADAP KAPASITAS PARU DI PABRIK

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan  Kementerian Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto  
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2011 

Abstak
Lina Indriani

HUBUNGAN KADAR DEBU TERHADAP KAPASITAS PARU DI PABRIK 
ETERNIT UNIT DAGANG SUPER KERANG 223 LANGGONGSARI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2011 

Xiii+70 Halaman, Gambar, Tabel, Lampiran

Proses industrialisasi yang mengalami kemajuan pesat berdampak negatif  pada manusia dan lingkungan. Debu eternit sebagai limbah dari proses produksi bila masuk saluran nafas akan menimbulkan gangguan pada fungsi paru. Tujuan  penelitan  ini  adalah  untuk  mengetahui hubungan  kadar  debu  terhadap kapasitas paru pekerja di Pabrik Eternit Unit Dagang Super Kerang 223 Langgongsari.
Jenis penelitian ini adalah analitik, variabel terikatnya adalah kapasitas paru, variabel bebasnya yaitu kadar debu dan variabel pengganggu meliputi masa kerja, tekanan udara, kelembaban, suhu, arah angin dan kecepatan angin, cuaca, umur, status gizi, kebiasaan merokok serta APD. Data diperoleh dari hasil pengukuran, dan  wawancara,  kemudian  dibandingkan  dengan  teori  dan  standar  baku  mutu yaitu Kepmenkes RI No. 1405/ Menkes/ SK/ XI/ 2002 NAB tentang Kadar Debu yang Diperbolehkan untuk Industri adalah 450 µgr/m3. Data dianalisis menggunakan uji regresi linear dan menggunakan program SPSS versi 13.0.
Hasil penelitian menunjukkan kadar debu yang tertinggi 3.143,33 µgr/m3 ,apabila dibandingkan dengan NAB melampaui  batas. Hasil pengukuran kapasitas paru pekerja dikategorikan obstructive dan restrictive ringan sampai berat. Nilai F hitung uji anova 3,837 dengan tingkat signifikasi 0,145 yang berarti > 5 % maka model regresi tidak dapat dipakai untuk memprediksi FVC, dan nilai R Square 0,561 ( 56,1%). 
kesimpulan bahwa hubungan antara kadar debu dan FVC tergolong hubungan yang erat.  Pencegahan  pencemaran debu dengan  membuat  bangunan  pabrik dibuat  dinding dan pemberian ventilasi yang dilengkapi filter kasa yang berdiameter 1 mikron. Pihak  pabrik menambah  respirator dengan filter, bagi peneliti lain sebaiknya dalam  melakukan  penelitian  pengambilan sampel dilakukan selama jam proses produksi berlangsung untuk  mendapatkan  hasil  yang valid.

Daftar bacaan : 16 (1982-2011)
Kata kunci      : eternit, kadar debu
Klasifikasi       : - 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar