Kamis, 09 Januari 2014

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Program Studi DIII Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2011  


Abstrak 
Denda Dewi Ratna Kusuma
STUDI DESKRIPTIF KADAR Fe DAN Mn SERTA INSPEKSI SANITASI SUMUR GALI DIDESA PEKAJA KECAMATAN KALIBAGOR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2011 
xv + 56 halaman, tabel, gambar, lampiran  

Air bersih harus memenuhi syarat kesehatan salah satunya secara kimiawi ( Fe dan Mn). Salah satu usaha pengawasan air bersih secara kimia yaitu dengan pemeriksaan kadar Fe dan Mn pada sumur gali. Kadar Fe dan Mn yang melebihi standar yang ditetapkan akan menimbulkan gangguan dari segi estetika yaitu bau, keruh, dan berwarna kekuning-kuningan pada air, dan apabila dimasak akan menimbulkan bekas pada peralatan masak. Masyarakat Desa Pekaja menggunakan air sumur gali untuk keperluan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui rata-rata kadar Fe dan Mn dan melakukan penilaian inspeksi sanitasi sumur gali di Desa Pekaja.  Jenis penelitian ini adalah deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi terhadap sumur gali, dan pemeriksaan kadar Fe dan Mn di laboratorium.  Berdasarkan 30 sumur gali yang ada di Desa Pekaja yang di periksa ratarata kadar Fe sebesar 2,173 mg/lt, dan Mn 1,484 mg/lt sangat tinggi dan melebihi standar Permenkes RI No.416/Per/IX/1990.
Hasil penilaian inspeksi sanitasi sumur gali pada 30 sumur gali didapatkan hasil 6 unit atau (20 %) sumur gali masuk dalam tingkat resiko pencemran rendah, 15 unit atau (50 %) tingkat resiko pencemaran sedang, 8 unit atau (27 %) tingkat resiko pencemaran tinggi, dan 1 unit atau (3 %) tingkat resiko pencemara amat tinggi.    Peneliti menyarankan kepada masyarakat Desa Pekaja untuk melakukan pengolahan air bersih untuk mengurangi kadar Fe dan Mn yang tinggi pada air bersih dengan melakukan proses aerasi dan filtrasi, sehingga penggunaan air bersih  memenuhi syarat untuk kebutuhan sehari-hari, dan melakukan perbaikan konstrusi sumur gali yang belum sempurna. 

Daftar bacaan :12 ( tahun 1958-2011)
Kata kunci      : Kadar Fe dan Mn, inspeksi sanitasi sumur gali 
Klasifikasi      : - 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar