Kamis, 09 Januari 2014

HUBUNGAN FAKTOR LINGKUNGAN FISIK DENGAN RISIKO KECELAKAAN KERJA

KEMENTERIAN KESEHATAN REPUBLIK INDONESIA 
POLITEKNIK KESEHATAN KEMENKES SEMARANG
JURUSAN KESEHATAN LINGKUNGAN PURWOKERTO 
PROGRAM STUDI DIPLOMA III KESEHATAN LINGKUNGAN
KARYA TULIS ILMIAH, JULI 2011



ABSTRAKS
GLADIS PAMELA
HUBUNGAN  FAKTOR  LINGKUNGAN  FISIK  DENGAN  RISIKO KECELAKAAN KERJA  DI BAGIAN PRODUKSI PT.  HOLCIM TBK PABRIK CILACAP TAHUN 2011. 
81 halaman : tabel, gambar, lampiran

Kecelakaan  kerja  adalah  kecelakaan  yang  terjadi  berhubungan  dengan hubungan kerja,  termasuk penyakit  yang timbul karena hubungan kerja.  Penyebab terjadinya  kecelakaan kerja  pada dasarnya  disebabkan oleh dua hal,  yaitu  unsafe condition dan  unsafe action.  Penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui  hubungan antara kebisingan, pencahayaan dan iklim kerja dengan risiko kecelakaan kerja.
Jenis  penelitian yang digunakan adalah analitik dengan pendekatan  cross  sectional. Penelitian  ini  dilakukan  dengan  maksud  untuk  mengetahui  hubungan kebisingan,  pencahayaan  dan  iklim kerja  dengan  risiko  kecelakaan  kerja  pekerja bagian produksi  di  PT.  Holcim Tbk Pabrik Cilacap.  Sampel  dalam penelitian  ini adalah pekerja bagian produksi PT. Holcim Tbk Pabrik Cilacap sebanyak 51 orang.
Penelitian ini  menggunakan software  pengolahan data statistik,  data yang ada  diolah  dengan  menggunakan  uji  korelasi  Spearmen.  Level  signifikansi  yang dipakai adalah 0,05 dan didapatkan nilai P (taraf signifikansi) = 0,330. Dengan p ≥ α maka  menunjukan  hubungan  antara  variabel  bebas  dan  variabel  terikat  tidak signifikan. 
Hasil  penelitian  ini  yaitu  tidak  ada  hubungan  antara  kebisingan, pencahayaan, dan iklim kerja dengan risiko kecelakaan kerja di bagian produksi.
Berdasarkan hasil  tersebut disimpulkan bahwa tidak ada hubungan antara kebisingan, pencahayaan dan iklim kerja dengan risiko kecelakaan kerja pada pekerja bagian produksi. Disarankan kepada pihak perusahaan untuk memperhatikan kondisi lingkungan  kerja,  dan  membuat  peraturan  serta  sanksi  bagi  pekerja  yang  tidak memakai APD dengan lengkap dengan membuat peraturan yang tegas.

Daftar bacaan : 13 (1990-2006)
Kata kunci      : Risiko Kecelakaan Kerja
Klasifikasi      : -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar