Selasa, 07 Januari 2014

DESKRIPSI TENTANG KEPADATAN DAN JENIS LALATPADA TEMPAT PELELANGAN IKAN

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
                                                                                                                   Karya Tulis Ilmiah, Juli 2012

Abstrak
Khafid Mustofa (Avied_anakgembala@yahoo.com)
DESKRIPSI TENTANG KEPADATAN DAN JENIS LALATPADA TEMPAT PELELANGAN IKAN PELABUHAN PERIKANAN SAMUDERA CILACAPKABUPATEN CILACAPTAHUN 2012
XIV + 64 halaman, tabel, gambar, lampiran 

Keberadaan lalat akan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan yaitu dapat menularkan penyakit melalui beberapa bagian dari tubuh lalat seperti bulu badan, bulu pada anggota gerak, muntahan, dan fecesnya. Penyakit yang disebabkan lalat antara lain Thipoid fever, Parathypoid fever, Disentri basiler, dan lain-lain. perlu adanya pengendalian lalat agar tidak menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan dari adanya kegiatan di Tempat Pelelangan Ikan Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap. Tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui tingkat kepadatan lalat, jenis lalat dan upaya pengendalian di Tempat Pelelagan Ikan Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap.
Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian hanya mendeskripsikan tentang kondisi sanitasi, kepadatan lalat, jenis lalat dan upaya pengendalian lalat di Tempat Pelelangan Ikan Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap. Data yang diperoleh dinarasikan dan dianalisis dalam bentuk tabel kemudian dibandingkan dengan teori-teori dan standar yang ada.
Hasil penelitian Kepadatan lalat rata-rata di Tempat Pelelangan Ikan Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap adalah 7 ekor per block grill, termasuk dalam kepadatan tinggi/ padat sehingga perlu pengamanan terhadap tempat-tempat berbiaknya lalat dan bila mungkin direncanakan upaya pengendaliannya.Jenis lalat pada tempat pelelangan yaitu lalat Musca domesticia, Phaeniciasericata sp dan Sarcophaga sp. Upaya pengendalian di  Tempat Pelelangan Ikan Pelabuhan
Perikanan Samudera Cilacap yaitu pencucian tempat pelelangan, perlakuan khusus terhadap ikan dan pengelolaan sampah.
Kesimpulan pada Tempat Pelelangan Ikan Pelabuhan Perikanan Samudera Cilacap terdapat kepadatan lalat yang tinggi sehingga perlu diadakan upaya pengendalian lalat. Saran untuk upaya pengendalian lalat yang dapat dilakukan adalah memberi penutup pada tempat sampah, pembersihan secara teratur pada tempat pelelangan ikan agar kepadatan lalat dapat diturunkan.

Daftar bacaan : 19 (1967-2011)
Kata kunci      : Kepadatan dan jenis lalat
Klasifikasi       : -
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar