Rabu, 08 Januari 2014

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan 
Progran Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2011 

Abstrak 
Devi Susanti
STUDI TINGKAT KEPADATAN DAN JENIS LALAT DI PASAR TUMENGGUNGAN KEBUMEN TAHUN 2011 
XIV + 57 halaman, tabel, gambar, lampiran 

Kepadatan lalat merupakan suatu indikator kurang baiknya cara pengelolaan sampah dan rendahnya kondisi sanitasi sehingga dapat menimbulkan kemerosotan kualitas lingkungan. Studi tentang tingkat kepadatan dan jenis lalat , diharapkan mampu menjadi petunjuk tingkat pencemaran yang terjadi di lingkungan pasar, dapat diketahui jenis lalat dan diketahui perilaku masyarakat pasar dalam interaksinya dengan lingkungan terutama yang berkaitan erat dengan masalah kesehatan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepadatan , jenis lalat dan sanitasi Pasar Tumenggungan Kebumen.
Metode Penelitian ini termasuk deskriptif, dengan maksud untuk memperoleh gambaran kepadatan lalat, jenis lalat dan sanitasi pasar Tumenggungan dengan melakukan pengukuran dan identifikasi. Analisis data menggunakan analisis tabel dan dibandingkan dengan teori yang ada.
Hasil penelitian Kepadatan lalat secara umum di Pasar Tumenggungan 6 ekor/blok grill, termasuk dalam kategori sedang sehingga perlu dilakukan pengamanan pada tempat-tempat berkembangbiak lalat. Kepadatan lalat tertinggi yaitu pada los penjual ikan dan TPS yaitu antara 8-13 ekor/blok grill. Jenis lalat yang ada di los daging adalah jenis Sarcophaga sp dan Musca domestica, di los ikan adalah jenis Musca domestica, Sarcophaga sp dan Paenicia sp, di los sayuran adalah jenis Musca domestica, di los buah-buahan adalah jenis Paenicia sp dan Musca domestica, dan yang berada di TPS adalah jenis Musca domestica dan Paenicia sp. Kondisi sanitasi Pasar Tumenggungan Kebumen adalah sudah baik yaitu dengan hasil prosentase 68%.
Kesimpulan Faktor yang paling mempengaruhi kepadatan lalat di Pasar Tumenggungan adalah cuaca (temperatur dan kelembaban) dan sarana sanitasi pasar. Hendaknya pihak pengelola pasar melakukan perbaikan hygiene dan sarana sanitasi lingkungan pasar, penanganan sampah agar dilakukan secara baik dan teratur, dan bagi masyarakat pasar tidak membuang sampah sembarangan.

Daftar bacaan :  12 (1967-2008)
Kata kunci      : Kepadatan dan jenis lalat
Klasifikasi       : -  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar