Kamis, 09 Januari 2014

EFISIENSI PENURUNAN COD LIMBAH CAIR LAUNDRY MENGGUNAKAN TANAMAN ECENG GONDOK ( Eichhornia Crassipes.Sp )

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan 
Program Studi Diploma IV Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Skripsi,  Juli 2011 

ABSTRAK 

Fajar Kurniawan (fkurniawan96@yahoo.co.id)
EFISIENSI PENURUNAN COD LIMBAH CAIR LAUNDRY MENGGUNAKAN TANAMAN ECENG GONDOK ( Eichhornia Crassipes.Sp )
XVIII+ 48 Halaman: Gambar, Tabel, Lampiran

Kota Purwokerto merupakan salah satu kota tujuan belajar mahasiswa. Hal tersebut dapat meningkatkan kebutuhan barang dan jasa. Jasa laundry saat ini merupakan salah satu jasa yang banyak diminati di kota pelajar ini. Adanya kehadiran jasa laundry ini dapat membawa manfaat untuk megurangi jumlah pengangguran serta meningkatkan taraf hidup manusia. Jasa laundry ini juga dapat membawa dampak negatif yaitu timbulan limbah laundry yang mengandung kadar COD dihasilkan dari sisa proses laundry yang tidak diolah terlebih dahulu sebelum dibuang sehinga berpotensi untuk menimbulkan pencemaran terhadap lingkungan terutama pada air. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan penurunan kadar COD sebelum dan setelah melewati tanaman eceng gondok (Eichhornia Crassipes.Sp ), dengan menggunakan limbah laundry yang diambil dengan waktu 1 x 24 jam pada hari hari ke-0 ( kontrol )ke-2, ke-4 dan    ke-6 ( perlakuan).
Jenis penelitian ini adalah Quacy Exsperimen dengan pendekatan pre dan Post Test Design. Data diperoleh dengan cara pengukuran kadar COD  limbah laundry sebelum dan setelah melewati tanaman  eceng gondok (Eichhornia Crassipes.Sp ), data  diolah dengan editing dan tabulating. Analisis data dilakukan dengan uji T Test dengan progam SPSS versi 17.00.
Hasil analisa laboratorium pada hari ke-0 ( kontrol ) dihasilkan COD  280 mg/l, setelah perlakuan 1 x 24 jam pada hari ke-2 COD 220 mg/l, pada hari ke-4 COD 208 mg/l  dan pada hari ke-6 COD 192 mg/l dengan rata-rata 206,6 mg/l sudah memenuhi baku mutu menurut  Peraturan Daerah Propinsi Jawa Tengah No.10 Tahun 2004 adalah 250 mg/L  . Terdapat perbedaan signifikan sebelum dan setelah melewati tanaman eceng gondok dengan nilai t hitung 9,042 dengan probabilitas  0,012 < 0,05 (nilai ).  Kesimpulan terdapat perbedaan penurunan yang signifikan yaitu sebesar
11,92% terhadap penurunan kadar COD limbah laundry setelah melewati tanaman eceng gondok ( Eichhornia Crassipes.Sp ). Peneliti menyarankan kepada masyarakat,  metode bioremediasi dapat diaplikasikan dalam kehidupan seharihari dengan memberikan tanaman eceng gondok (Eichhornia Crassipes.Sp ) pada saluran air limbah domestik sebelum dibuang ke badan air (Pre Treatment). 
 
Daftar bacaan  : 19 (1985-2010)
Kata kunci : Limbah Laundry ,COD
Klasifikasi : 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar