Kamis, 09 Januari 2014

STUDI DESKRIPTIF SANITASI LEMBAGA PEMASYARAKATAN

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan  
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2011 

Abstrak 

Foresta Rizkiana Dewi
STUDI DESKRIPTIF SANITASI LEMBAGA PEMASYARAKATAN KELAS IIA PURWOKERTO TAHUN 2011 
XVI+60 halaman: gambar, tabel, lampiran 

Lembaga Pemasyarakatan (disingkat LP atau LAPAS) adalah tempat untuk melakukan pembinaan terhadap narapidana dan anak didik pemasyarakatan di Indonesia. Berdasarkan survey awal yang dilakukan peneliti di LAPAS Purwokerto ternyata masih dijumpai aspek sanitasi pemukiman yang belum memenuhi syarat kesehatan. Tujuan penelitian keadaan sanitasi sehingga diketahui Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Purwokerto masuk dalam katagori baik atau tidak. 
Metode penelitian yang digunakan deskriptif, data diperoleh dari pengamatan pengukuran dan wawancara, hasilnya diolah dan disajikan dalam bentuk narasi dan tabel, kemudian di analisis dengan membandingkannya dengan persyaratan yang ada.
Hasil presentase sanitasi Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Purwokerto 61,79 % (cukup baik). Sanitasi Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Purwokerto dari kondisi ruang untuk luas kamar per orang 2,63 m2, lantai terbuat dari plesteran, ventilasi 6,45% dari luas lantai, dinding terbuat dari susunan batu bata, atap menggunakan genting, langit-langit tidak rawan kecelakaan, jendela dan pintu dapat dibuka, ditutup dan dikunci dengan baik, hasil pengukuran suhu 29,72
C, kelembaban 79,9%, intensitas cahaya 106,45 lux. Air bersih dari sumur dan PDAM, pembuangan limbah cair dan tinja manusia ke septictank, perbandingan kamar mandi/jamban 1:40. Sampah ditampung di tempat sampah tidak berpenutup, dibuang ke TPS. 
Simpulan bahwa sanitasi Lembaga Pemasyarakayan Kelas IIA Purwokerto masuk dalam katagori cukup baik namum ada beberapa aspek yang belum memenuhi syarat dari kepadatan penghuni, jumlah kamar mandi/jamban dan pengelolaan air limbah. Saran agar Pemerintah memantau dan memperbaiki kondisi sanitasi yang belum baik supaya dapat meningkatkan sanitasi yang ada di Lembaga Pemasyarakatan.

Daftar bacaan : 20 (1985-2009)
Kata kunci      : sanitasi Lembaga Pemasyarakatan
Klasifikasi      : -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar