Rabu, 08 Januari 2014

STUDI KEPADATAN LALAT DAN UPAYA PENGENDALIANNYA DI RUMAH MAKAN

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia  
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang  
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan  
Karya Tulis Ilmiah, 07 Juli 2011

Abstrak
Akhnuwati (Khusnul_Khoerul@yahoo.co.id )
STUDI KEPADATAN LALAT DAN UPAYA PENGENDALIANNYA DI RUMAH MAKAN AYAM GORENG TULUS KECAMATAN BOBOTSARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2011
xv + 56 halaman : gambar, tabel, lampiran 

Kepadatan lalat merupakan indikator kurang baiknya cara pengelolaan
sampah atau rendahnya tingkat kondisi sanitasi, sehingga dapat menimbulkan kemerosotan kualitas lingkungan. Rumah makan Ayam Goreng Tulus merupakan Rumah makan yang keadaan sanitasinya buruk atau tidak baik, keadaan ini dapat menyebabkan atau dapat mengundang adanya vektor, salah satunya yaitu lalat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepadatan lalat dan upaya pengendaliannya di Rumah Makan Ayam Goreng Tulus.
Metode penelitian ini adalah penelitian deskriptif karena hanya menggambarkan fakta yang ada berupa pengukuran terhadap kepadatan lalat dan data penunjang lain. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dalam bentuk tabel dengan membandingkan hasil pengukuran dengan standar yang ada dan dinarasikan secara deskriptif.
Hasil Kepadatan lalat di Rumah Makan Ayam Goreng Tulus keseluruhan di 3 lokasi adalah dapur 13,8 ekor/blok grill, TPS(tempat penampungan sampah sementara) 24,9 ekor/blok grill, ruang makan 7,4 ekor/blok grill. Dari hasil pengukuran didapatkan hasil rata-rata Kepadatan di Rumah Makan Ayam Goreng Tulus ini di tiga titik pengukuran sejumlah 15,3 ekor/blok grill. Upaya pengendalian lalat di Rumah Makan Ayam Goreng Tulus tidak ada.
Kesimpulan di rumah makan ayam goreng tulus ditemukan adanya kepadatan lalat yang tinggi atau belum memenuhi persyaratan, sehingga perlu diadakan upaya pengendalian lalat. Saran upaya pengendalian lalat yang dapat dilakukan antara lain adalah Perlu perbaikan tempat pembuangan sampah sementara (TPS), Tempat sampah harus diberi penutup dan tempat sampah yang kedap air dan diperbesar kapasitasnya supaya setidaknya dapat mengurangi hinggapan lalat.

Daftar bacaan : 11 (1981  2005)
Kata kunci      : Lalat 
Klasifikasi       : -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar