Kamis, 09 Januari 2014

STUDI KEGIATAN KESEHATAN LINGKUNGAN PADA PNPM – MP ( PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT – MANDIRI PERKOTAAN

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2011

ABSTRAK
Drajat Musa Abdilah  ( Bapaknya tatan@ yahoo.co.id )
STUDI KEGIATAN KESEHATAN LINGKUNGAN PADA PNPM – MP  ( PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT – MANDIRI PERKOTAAN DI DESA LEDUG KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2009 - 2011
Xvii+ 72 Halaman : gambar, tabel, lampiran

Kesehatan dan kemiskinan merupakan masalah yang perlu penanganan serius di masyarakat, untuk itu pemerintah terus melakukan terobosan untuk memecahkan masalah tersebut, salah satunya dengan PNPM  ( Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat – Mandiri Perkotaan ) . Desa ledug adalah salah satu desa yang melaksanakan PNPM – MP. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan gambaran pelaksanaan kesehatan lingkungan yang ada pada PNPM – MP Desa Ledug.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan maksud menggambarkan kegiatan kesehatan lingkungan yang dilaksanakan oleh Desa Ledug pada kegiatan PNPM – MP. Cara pengumpulan data adalah dengan melakukan wawanancara kepada masyarakat, kader dan tokoh masyarakat, observasi menggunakan checklist yang langsung ditanyakan kepada masyarakat.
Hasil penelitian ini adalah kegiatan kesehatan lingkungan meliputi kegiatan penyehatan air, kegiatan penyehatan makanan dan minuman, kegiatan pemberantasan vektor dan binatang pengganggu, kegiatan sanitasi kawasan permukiman, kegiatan penyehatan tanah dan pengelolaan sampah, serta kegaitan kesehatan dan keselamatan kerja. Metode yang digunakan adalah wawancara yang mendalam pada masyarakat.Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan kesehatan lingkungan dilaksanakan pada PNPM – MP Desa Ledug, Kecamatan Kembaran, Kabupaten Banyumas. Saran kepada masyarakat adalah untuk lebih meningkatkan kegiatan kesehatan lingkungan pada PNPM – MP agar diperoleh taraf hidup yang lebih baik.

Daftar Bacaan : 1983-2011 ( 24)
Kata Kunci      : PNPM – MP, Desa Ledug
Klasifikasi       :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar