Rabu, 08 Januari 2014

STUDI SANITASI RUMAH PEMOTONGAN HEWAN

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan 
Program Studi DIII Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2011 

Abstrak
Amri Noveliati Zahra

STUDI SANITASI RUMAH PEMOTONGAN HEWAN DI KELURAHAN 
MERSI KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2011

XVI+87 Halaman: gambar, tabel, lampiran     

Rumah Pemotongan Hewan adalah kompleks bangunan dengan desain tertentu yang dipergunakan sebagai tempat memotong hewan secara benar bagi konsumsi masyarakat luas serta harus memenuhi persyaratan-persyaratan teknis tertentu. Kondisi rumah pemotongan hewan tidak memenuhi syarat yaitu pada pembuangan limbah cair masih dibuang ke sungai. Memperhatikan latar belakang tersebut.
Tujuan penelitian meninjau keadaan sanitasi dan higiene perorangan karyawan sehingga diketahui rumah pemotongan hewan dan higiene perorangan masuk dalam kategori memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat.       
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, data yang diperoleh dari pengamatan dan wawancara, hasilnya diolah dan disajikan dalam bentuk narasi dan tabel, kemudian dianalisis dengan membandingkannya dengan persyaratan yang ada.
Hasil pengukuran intensitas cahaya yaitu 10.25 Lux, kelembaban yaitu 90.56%, suhu yaitu 26.310C, pemeriksaan coliform >2400 mg/l, dan pemeriksaan  BOD yaitu 146 mg/l. Hasil penilaian kondisi sanitasi rumah pemotongan hewan dari kondisi sanitasi udara, pengelolaan sampah, pengendalian vektor, dan pengolahan limbah cair masuk dalam kategori tidak memenuhi syarat. Hasil total sanitasi rumah pemotongan hewan  secara keseluruhan masuk dalam kategori tidak memenuhi syarat. Higiene perorangan masuk dalam kategori memenuhi syarat. Air bersih berasal dari sumur bor, pembuangan limbah masih ke sungai, sampah ditampung di tempat sampah yang tidak mempunyai penutup kemudian dibuang ke tempat pembuanga akhir sampah dan langsung dibakar.       
Simpulan bahwa total sanitasi rumah pemotongan hewan secara keseluruhan tidak memenuhi syarat dari sanitasi udara, pengelolaan sampah, pengendalian vektor, dan pengolahan limbah cair. Saran untuk penanggung jawab rumah pemotongan hewan untuk lebih memperhatikan lagi kondisi sanitasi yang tidak memenuhi syarat dan selalu menerapkan higiene perorangan seperti mencuci tangan sebelum dan sesudah bekerja, agar karyawan/petugas rumah pemotongan hewan ikut melaksanakan higiene perorangan dengan baik supaya dapat meningkatkan kondisi sanitasi rumah pemotongan hewan.

Daftar bacaan : 11 (1978-2009) 
Kata kunci      : sanitasi rumah pemotongan hewan
Klasifikasi       : -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar