Selasa, 07 Januari 2014

STUDI PENGELOLAAN SAMPAH DI RUMAH SAKIT

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Linngkungan 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2012   

Abstrak 
Putri Handayani (chooey_coco@yahoo.co.id)
STUDI PENGELOLAAN SAMPAH DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH KABUPATEN KUDUS TAHUN 2012. 
XVI + 54 Halaman: tabel, gambar, lampiran 

Rumah sakit merupakan tempat dimana dilaksanakannya berbagai pelayanan kesehatan yang mempunyai peran penting dalam mempercepat penyembuhan dan pemulihan penyakit. sampah non Sampah merupakan hasil dari aktifitas Rumah Sakit, baik sampah medis maupun medis. Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kudus tipe B dengan kapasitas tempat tidur 271 buah. Nilai BOR atau penggunaan tempat tidur mencapai 94,19 % pada bulan Mei 2012.
tujuan penelitian  untuk mengetahui sumber, pewadahan, pengumpulan, pengangkutan, pengolahan dan pembuangan akhir sampah di Rumah Sakit Umum Kabupaten Kudus.
Jenis penelitian yang digunakan adalah diskriptif dan pengumpulan data dengan cara observasi, pengukuran dan wawancara. 
Hasil penelitian bahwa pengelolaan sampah ditangani oleh pihak Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kudus. Berdasarkan hasil pengukuran volume sampah medis di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Kudus rata-rata perhari yaitu  302 liter/hari dan untuk sampah non medis yaitu 471 liter/hari. Pada pengumpulan, tempat sampah dilapisi dengan plastik  sebagai pembungkus sampah. Pengangkutan sampah dari pengumpul sampai ke tempat incenerator di lakukan oleh petugas secara manual. Pengelolaan sampah di Rumah Sakit cukup baik yaitu dengan nilai rata-rata 67,6 %. Untuk meningkatkan kondisi pengelolaan sampah yang lebih baik disarankan agar pihak rumah sakit mengelola sampah setiap hari secara teratur, dilakukan pemisahan sampah sesuia dengan jenis dan golongan sampah serta sesuai dengan saran kesehatan yang meliputi adanya pengawasan terhadap sampah dan petugas selalu menggunakan APD dengan baik.  

Daftar bacaan : 10 (1985 – 2010) 
Kata kunci      : Sampah Rumah Sakit
Klasifikasi       : - 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar