Kamis, 09 Januari 2014

STUDI INDEKS KERAGAMAN MAKROBENTOS PADA SEGMEN SUNGAI SERAYU

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia  
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang  
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan  
                                                                                                                   Karya Tulis Ilmiah, Juli 2011

Abstrak 
Oktia Maulida
STUDI INDEKS KERAGAMAN MAKROBENTOS PADA SEGMEN SUNGAI SERAYU DI DESA KEMBANGAN KECAMATAN BUKATEJA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2011
IX + 94 halaman : gambar, tabel, lampiran    
    
Makrobentos merupakan suatu indikator biologis yang terdapat di perairan yang tenang maupun di perairan yang mengalir digunakan untuk menilai secara makro perubahan keseimbangan ekologi, khususnya ekosistem, akibat pengaruh limbah yang dibuang ke perairan. Tujuan penelitian ini adalah melakukan identifikasi spesies makrobentos, menghitung indeks keragaman makrobentos serta mengetahui karakteristik sungai Serayu.         
Metode penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survey dan pengambilan sampel yaitu dengan melakukan pengamatan, mengambil sampel untuk selanjutnya dilakukan pengujian sampel dan identifikasi spesies makrobentos.        
Hasil penelitian yang dilakukan didapatkan yaitu pada stasiun pengamatan Purwanegara menunjukkan karakteristik sungai dengan substrat dasar berupa batuan, kerikil, dan pasir. Indeks diversitas 0,871, dan  ditemukan 9 spesies yaitu Gastropoda, Plecoptera, Ephemeroptera, Oligochaeta dan Trichoptera. Stasiun Kembangan menunjukkan karakteristik sungai dengan substrat dasar berupa batuan, kerikil, pasir dan tanaman lumut. Indeks diversitas makrobentos yaitu 1,151, dan ditemukan 11 spesies  yaitu Gastropoda, Plecoptera, Ephemeroptera, Trichoptera, Hirudinea dan Lintah Putih. Kemudian pada stasiun pengamatan Somagede menunjukkan karakteristik sungai dengan substrat dasar batuan, kerikil, pasir dan lumpur. Indeks keragaman makrobentos yaitu 1,23, dan ditemukan 6 spesies yaitu Gastropoda, Lintah Putih, Ephemeroptear,  Hirudinea, Plecoptear, dan Trichoptera.         Berdasarkan hasil yang didapatkan, menurut teori Shannon-Wiener dapat disimpulkan bahwa kualitas perairan pada stasiun pengamatan Purwanegara menunjukkan kualitas perairan tercemar berat. Sedangkan pada stasiun pengamatan Kembangan dan Somagede menunjukkan kualitas perairan tercemar sedang.

Dafar bacaan  : 17, (1974-2009)
Kata Kunci     : Makrobentos 
Klasifikasi      : -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar