Kamis, 09 Januari 2014

PENGARUH KONSENTRASI KAPORIT TERHADAP PENURUNAN KADAR AMONIAK ( NH ) PADA LIMBAH CAIR RUMAH SAKIT

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan 
Progam Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2011 

Abstrak  
Nur Cholis Majid
PENGARUH KONSENTRASI KAPORIT TERHADAP PENURUNAN KADAR AMONIAK ( NH ) PADA LIMBAH CAIR RUMAH SAKIT EMANUEL PURWOREJO KLAMPOK KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN 2011 
xv + 48 halaman, tabel, gambar, lampiran 

Limbah cair rumah sakit merupakan salah satu sumber pencemaran air yang sangat potensial. Pengolahan limbah amoniak (NH) perlu dilakukan dengan baik agar tidak mencemari lingkungan. Penghilangan NH3 salah satunya dengan asam hipoklorit (HOCl-3) atau kaporit, sehingga menjadi kloramin yang tidak berbahaya atau sampai menjadi NH yang biasanya tergantung pada pH.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konsentrasi kaporit terhadap penurunan kadar NH32,  pada limbah cair Rumah Sakit Emanuel Purworejo Klampok. Jenis penelitian ini adalah Quacy Exsperiment. Variabel bebas penelitian ini adalah konsentrasi kaporit, variabel terikat adalah kadar amoniak, variabel kontrol adalah volume limbah cair, kecepatan pengadukan, waktu pengadukan dan variabel pengganggu adalah pH dan suhu. Pengumpulan data dilakukan dengan pengukuran pH, suhu dan kadar amoniak sebelum dan sesudah perlakuan dengan kaporit. Analisis yang digunakan uji Paired T Test dan uji Anova.
Hasil uji Paired T Test ada pengaruh antara sebelum perlakuan dengan konsentrasi kaporit 2,5 ml/l nilai signifikan 0,042 < 5% berarti ada pengaruh pemberian kaporit konsentrasi 2,5 ml/l, antara sebelum perlakuan dengan konsentrasi 5 ml/l nilai signifikan 0,022 < 5% berarti ada pengaruh pemberian kaporit konsentrasi 5 ml/l, antara sebelum perlakuan dengan konsentrasi 7,5 ml/l  nilai signifikan 0,018 < 5% berarti ada pengaruh pemberian kaporit konsentrasi 7,5 ml/l. Uji Anova nilai signifikan 0,037 < 5% berarti ada pengaruh pemberian kaporit.
Peneliti menyimpulkan ada pengaruh yang signifikan dari pemberian kaporit dengan konsentrasi 2,5 ml/l, 5 ml/l, 7,5 ml/l pada limbah cair Rumah Sakit Emanuel Purworejo Klampok. Peneliti menyarankan pihak rumah sakit dapat menggunakan kaporit sebagai salah satu cara untuk menurunkan kadar NH
Peneliti lain disarankan untuk melanjutkan penelitian lanjutan dengan konsentrasi 20 ml/l sehingga dapat menurunkan amoniak sampai 0,1 mg/l sesuai baku mutu yang ditetapkan Perda Jateng No.10 Tahun 2004.

Daftar bacaan : 1987-2010 (17)
Kata Kunci     : Amoniak, Kaporit, Limbah cair
Klasifikasi      :  
Full text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar