Rabu, 08 Januari 2014

EFISIENSI BEBERAPA DOSIS KAPORIT DALAM MENURUNKAN KADAR BESI AIR SUMUR GALI




Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan
Program Studi D IV Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Skripsi, Juli 2011


Purwanto
EFISIENSI BEBERAPA DOSIS KAPORIT DALAM MENURUNKAN KADAR BESI AIR SUMUR GALI DI DESA TUNJUNG KECAMATAN JATILAWANG KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2011

xv + 56 halaman: gambar, tabel dan lampiran

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kadar besi sebelum diberi kaporit, kadar besi setelah diberi kaporit dengan dosis 25 mg/l, 50 mg/l dan 75 mg/l, perbedaan efisiensi beberapa dosis kaporit dan dosis kaporit yang paling efisien dalam menurunkan kadar besi air sumur gali.

Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental dengan desain non randomized control group pretest postest design. Penelitian dilakukan dengan pengumpulan data lapangan dan laboratorium, kemudian dianalisis  statistik dengan membandingkan efisiensi penurunan kadar besi antara kontrol dan sesudah pemberian kaporit dengan beberapa dosis yang berbeda menggunakan uji Anova.

Hasil penelitian menunjukkan rata-rata efisiensi penurunan kadar besi pada kontrol 21,26 %, pada dosis 25 mg/l 74,50 %, pada dosis 50 mg/l 86,71 %  dan pada dosis 75 mg/l sebesar 92,76 %.
Kesimpulan adanya perbedaan efisiensi beberapa dosis kaporit dalam menurunkan kadar besi air sumur gali secara signifikan pada taraf signifikansi 95 %, dengan dosis kaporit yang paling efisien adalah 75 mg/l.  Peneliti menyarankan kepada masyarakat untuk menurunkan kadar besi pada air sumur galinya menggunakan dosis kaporit 50 mg/l yang dilanjutkan dengan pengendapan dan bila diperlukan pengolahan lebih lanjut dapat digunakan saringan pasir cepat.

Daftar bacaan  :  26 (1979 – 2011)
Kata kunci       :  Kaporit, efisiensi penurunan kadar besi
Klasifikasi        :  -
Full text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar