Selasa, 25 Maret 2014

TINJAUAN EPIDEMIOLOGI PENYAKIT INFEKSI SALURAN PERNAPASAN AKUT (ISPA) DI DESA

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2010


ABSTRAK
Tatag Fajar Subekhi (tatagfajar@gmail.com) 
TINJAUAN EPIDEMIOLOGI PENYAKIT  INFEKSI SALURAN PERNAPASAN AKUT (ISPA) DI DESA SAMBENG WETAN KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2010 
XVII + 52 : Gambar, Lampiran, Tabel

Penyakit ISPA di Desa Sambeng Wetan menduduki peringkat pertama dari 10 besar penyakit terbukti dari bulan Januari sampai April 2010sebanyak 129 kasus. Tujuan penelitian untuk mengetahui epidemiologi penyakit ISPA pada penderita ISPA di Desa Sambeng Wetan Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas Tahun 2010.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Jumlah sampel seluruhnya ada 26 sampel dari populasi yang ada. Pengumpulan  data umum dan data khusus dengan wawancara, obsevasi, dan pengukuran di lapangan.
Hasil penelitian didapatkan jumlah penderita ISPA di Desa Sambeng Wetan sebanyak 26 orang, terdiri dari laki-laki 8 orang (30,8%) dan permpuan 18 orang (69,2%). Penyakit ISPA kebanyakan terjadi pada kelompok umur 0-10 tahun yaitu 12 orang (46,2%), sebagian besar tingkat pendidikan penderita masih rendah yaitu SD/MI yaitu 12 orang (46,2%). Penderita ISPA kebanyakan terjadi pada penderita dengan status imunisasi yang tidak lengkap yaitu 14 orang (53,8%), tingkat ekonomi penderita paling banyak pada tingkat ekonomi yang memenuhi kebutuhan hidup tidak layak sebanyak 17 orang (65,4%). Penderita terbanyak pada wilayah RT 5 RW 1 dan RT 6 RW 1 yaitu masing-masing 4 orang (15,3%), dari bulan Januari sampai April 2010 puncak kejadian penyakit ISPA terjadi pada bulan Maret yaitu 12 orang (46,2%).
Kesimpulan menanggulangi penyakit ISPA, masyarakat khususnya bayi/balita harus secara rutin melakukan vaksinasi/imunisasi, selain itu perlu adanya penyuluhan berkesinambungan dari puskesmas, serta dilakukan pelatihan dan pemberdayaan terhadap masyarakat tentang koperasi serta usaha kecil dan menengah dari pemerintah kabupaten.

Daftar bacaan : 16 (1985-2009)
Kata Kunci     : Epidemiologi, ISPA
Klasifikasi      : -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar