Selasa, 25 Maret 2014

HUBUNGAN SIKAP KERJA DAN KELELAHAN KERJA

kementrian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi  Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2010

Abstrak
Siska Indriyani She_skha_chuby@yahoo.co.id
HUBUNGAN SIKAP KERJA DAN KELELAHAN KERJA PADA BAGIAN PRODUKSI PT. HOLCIM INDONESIA Tbk CILACAP TAHUN 2010. 
xviii+57 halaman : table, gambar, grafik, lampiran

Sikap kerja dinamis, dapat mengurangi resiko kecelakaan ataupun tingkat kelelahan pekerja. Seringnya terjadi kecelakaan kerja disuatu tempat kerja karena sikap kerja yang masih salah ataupun karena pekerja telah mengalami kelelahan kerja. 
Metode penelitian observasonal dengan metode pendekatan crossectional.
Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara sikap kerja dengan kelelahan pekerja yang terjadi pada pekerja bagian produksi PT. Holcim Indonesia Tbk Cilacap.
Hasil penelitian adalah pekerja bagian produksi yang bekerja pada shift 1 sebanyak 56 orang. Dengan menggunakan software pengolah data statistik data yang ada diolah dengan menggunakan uji korelasi chi square. Level signifikan yang dipakai adalah 0,05 menggunakan tabel kontingensi 3 x 2, dengan degree of freedom (df) = 2, X2 = 0,425 dan didapatkan nilai P (taraf signifikansi) = 0,809. Dengan p ≥ α maka menunjukan hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat tidak signifikan. Sedangkan nilai koefisien kontingensi sebesar 0,086 menunjukan hubungan antara sikap kerja dan kelelahan kerja sangat lemah.
Kesimpulan  sikap kerja tidak mempengaruhi kelelahan kerja. Sikap kerja duduk ataupun berdiri dapat menyebabkan kelelahan berat jika tidak dilakukan dengan benar. Kondisi lingkungan dan karakteristik responden dapat mempengaruhi kelelahan kerja. Disarankan kepada pihak perusahaan untuk memperhatikan kondisi lingkungan kerja, memberi waktu istirahat kepada pekerja yang mengalami kelelahan, dan melakukan cek kesehatan rutin minimal 1 tahun sekali. 

Daftar bacaan : 17 (1989-2010)
Kata Kunci     : Kelelahan kerja
Klasifikasi       : - 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar