Selasa, 25 Maret 2014

STUDI SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH DI RUMAH SAKIT

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia          
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2010

Abstrak
Lilis Suryani (lilis_suryani30@yahoo.com)
STUDI SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH DI RUMAH SAKIT UMUM HIDAYAH PURWOKERTO TAHUN 2010 
XVI + 74 halaman: gambar, tabel, lampiran  

Rumah sakit adalah sarana upaya kesehatan yang menyelenggarakan kegiatan pelayanan kesehatan serta dapat berfungsi sebagai tempat pendidikan tenaga kesehatan dan penelitian. RSU Hidayah sebagai salah satu rumah sakit di Kabupaten Banyumas menghasilkan sampah berupa sampah medis dan sampah non medis dari aktivitas rumah sakit.
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan sistem pengelolaan sampah di RSU Hidayah.
Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif yang menggambarkan sistem pengelolaan sampah di RSU Hidayah dan membandingkannya dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Hasil penelitian yang didapat yaitu rata-rata volume sampah RSU Hidayah 246,41 liter/hari, telah ada perencanaan pengelolaan sampah yang terdapat di Dokumen UKL dan UPL tetapi belum ada SOP (Standar Operasional Prosedur). Tidak ada strukur organisasi khusus pengelolaan sampah sehingga penanggung jawab sampah masih merangkap dengan jabatan lain. Pelaksanaan pengelolaan sampah, pewadahan sampah medis belum sesuai dengan peraturan karena kantong plastik yang digunakan berwarna hitam, untuk sampah non medis tidak ada pemisahan antara sampah basah dan kering. Tidak dilakukan evaluasi secara berkala terhadap 6 aspek (Material, Machine, Method, Man, Money, dan Market). 
Kesimpulan penelitian ini adalah RSU Hidayah mempunyai perencanaan pengelolaan sampah, tidak ada struktur organisasi khusus pengelolaan sampah, pelaksanaan pengelolaan sampah medis cukup baik (72,5%) dan untuk sampah non medis kurang baik (49,75%) dan tidak ada evaluasi pengelolaan sampah. Peneliti menyarankan sebaiknya RSU Hidayah membuat SOP (Standar Operasional Prosedur), membentuk tim pengelolaan sampah, melaksanakan pengelolaan sampah sesuai rencana dan melakukan evaluasi pengelolaan sampah secara berkala.  

Daftar bacaan : 11 (1982 – 2008)
Kata kunci      : Pengelolaan, Sampah, Rumah Sakit
Klasifikasi      : -
Full text

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar