Senin, 24 Maret 2014

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
                                                                                                                    Karya Tulis Ilmiah Juli 2010
  
Abstrak  
Ari Setyo Widhani (namakuaribukansinchan_ankh@yahoo.com)
Studi Pengelolaan Sampah Di Perkantoran Sekretariat Daerah Kabupaten Kebumen Tahun 2010 
XIV + 50  halaman: gambar, tabel, lampiran 

Seperti kita ketahui bahwa pengetahuan tentang pengelolaan sampah kantor bagi masyarakat umum masih jarang. Adanya sampah yang tidak dikelola dapat mengganggu kegiatan dan kebersihan yang ada di kantor. Oleh karena hal tersebut diatas maka harus ada pengolahan sampah.
Tujuan penelitian untuk mewujudkan pengelolaan sampah yang berhasil guna dan berdaya guna  Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pengelolaan sampah di kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Kebumen dan mengetahui faktor yang mendukung pengelolaan sampah yang ada serta mengetahui faktor yang menghambat pengelolaan sampah.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dengan menggambarkan seluruh proses pengelolaan sampah yang ada. 
Hasil penelitian menunjukan bahwa Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Kebumen mempunyai proses pengelolaan sampah yang sederhana. Sampah yang dihasilkan dikumpulkan di TPS kemudian dibuang ke tempat pembuangan akhir. Faktor penghambat pengelolaan sampah adalah jumlah sarana dan prasarana yang masih kurang dan jumlah tenaga kerja yang masih kurang sedangkan faktor pendukungnya  adalah pendanaan yang cukup dari kantor, letak geografis.
Kantor Sekretariat Daerah Kabupaten Kebumen mempunyai proses pengelolaan sampah yang sederhana.. Sebaiknya menambah tenaga pengelola kebersihan kantor dan menambah sarana dan prasarana pengelola kebersihan dan melakukan pelatihan tentang pengelolaan sampah dan tingkat pendidikan tenaga pengelola sampah di sesuaikan dengan peraturan yang ada yaitu minimal DIII untuk tenaga kebersihan kantor pemerintahan.

Daftar bacaan : 22 (2001-2009)
Kata kunci      : Pengelolaan Sampah, Kantor
Klasifikasi      : PTPSP

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar