Senin, 24 Maret 2014

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2010

Abstrak
Arie Nizar Sidqi(nizar_dongkal@yahoo.co.id) 
STUDI KEPADATAN LALAT DI PASAR RANDUDONGKAL KECAMATAN RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG TAHUN 2010 
XIV + 44 halaman: gambar, tabel, lampiran 

Kepadatan lalat merupakan suatu indikator kurang baiknya cara pengelolaan sampah atau rendahnya tingkat kondisi sanitasi. Keberadaan lalat dikarenakan adanya faktor yang mendukung kelangsungan hidup bagi lalat. Faktor tersebut antara lain keberadaan sumber makanan bagi lalat, keadaan suhu dan kelembaban yang mendukung perkembangbiakan lalat.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kepadatan lalat, mengetahui faktor  faktor yang mendukung tingkat kepadatan lalat dan upaya pengendaliannya.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Pengumpulan data untuk penelitian ini dengan cara pengukuran kepadatan lalat dengan menggunakan fly grill, pengukuran temperatur udara dengan termometer, kelembaban udara menggunakan hygrometer dan pencahayaan menggunakan lux meter. Untuk analisis data, penulis menggunakan analisis tabel dan membandingkan antara hasil pengukuran kepadatan lalat dengan interpretasi data hasil pengukuran kepadatan lalat.
Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pengukuran kepadatan lalat di Pasar Randudongkal sebesar 7 ekor per block grill, hal ini menunjukan bahwa kepadatan lalat di Pasar Randudongkal termasuk dalam kategori tinggi/padat karena termasuk dalam range 6-20 ekor. Kepadatan lalat di lokasi penjualan daging 7 ekor per blok grill, di lokasi penjualan ikan 8 ekor per blok griil, di lokasi penjualan sayuran 5 ekor per blok grill, di lokasi penjualan buah 4 ekor per blok grill, di lokasi penjualan makanan jadi 2 ekor per blok grill dan di TPS 15 ekor per blok grill.
Kesimpulan penelitian adalah bahwa kepadatan lalat di Pasar Randudongkal sebesar 7 ekor per block grill. Kepadatan lalat dipengaruhi oleh suhu, kelembaban dan upaya pengendalian lalat yang dilakukan. Penanganan pengelolaan sampah di Pasar Randudongkal sangat berpengaruh terhadap tinggi rendahnya tingkat kepadatan lalat. Saran dalam penelitian ini yaitu membuatkan tutup pada TPS, sehingga sampah tidak berserakan disekitar TPS, dan diusahakan sampah dari TPS terangkut habis ke TPA sehingga tidak memberikan kesempatan lalat untuk berkembang biak. 

Daftar bacaan  : 17 (1978-2010)
Kata Kunci      : Kepadatan lalat
Klasifikasi       : 

1 komentar:

  1. assalamu alaikum, kakak mbak mas kalau boleh sya minta file skripsi ini bisa? kebetulan saya sedang dalam penyusunan tugas akhir juga dan judul ini berkaitan dengan judul penelitian yg saya ambil.. kalau kakak mbak masnya bersedia mohon kirim di email nurul.az_potter@yahoo.com
    terima kasih banyak sebelumnya ^^

    BalasHapus