Selasa, 25 Maret 2014

STUDI SANITASI KERETA API KELAS BISNIS

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi D III Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2010

Abstrak
Fajar Setiawan (fafa_cui@yahoo.com)
STUDI SANITASI KERETA API KELAS BISNIS PURWOJAYA TAHUN 2010
xvii + 58 halaman: gambar, tabel dan lampiran

Kereta Api merupakan salah satu sarana transportasi umum yang sering digunakan oleh masyarakat. Sebagai salah satu sarana pelayanan umum, sanitasi kereta api harus diperhatikan karena jika tidak diperhatikan akan mengganggu kenyamanan penumpang khususnya untuk yang perjalanan jauh pada Kereta Api Kelas Bisnis Purwojaya Jurusan Cilacap-Jakarta. 
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keadaan fasilitas kereta api, kualitas parameter fisik, penanganan sampah, penyediaan air bersih, pengendalian vektor, keadaan toilet, dan hygiene sanitasi makanan dan minuman pada Kereta Api Kelas Bisnis Purwojaya Jurusan Cilacap-Jakarta. sehingga dapat diketahui apakah sanitasi pada kereta api sudah baik atau belum, yaitu dengan melihat hasil pengukuran dan pengamatan.
Metode penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan metode pendekatan purposive sampling, karena hanya menggambarkan fakta yang ada berupa kondisi sanitasi di Kereta Api Kelas Bisnis Purwojaya Jurusan Cilacap-Jakarta. 
Hasil penelitian menyebutkan bahwa keadaan sanitasi kereta api sudah baik dengan prosentase sebesar 86,92 %, fasilitas kereta api yang ada di kereta api sudah baik. Keadaan kualitas parameter fisik seperti suhu, kelembaban dan intensitas cahaya sebagian besar belum memenuhi standar. penanganan sampah, pengendalian vector sudah baik. Keadaan toilet pada setiap gerbong sudah baik sama halnya dengan hygiene sanitasi makanan dan minuman yang ada di kereta api juga sudah baik.
Kesimpulan bahwa secara umum sanitasi di Kereta Api Purwojaya Sinar Jaya dalam kondisi baik, fasilitas kereta api,penanganan sampah, penyediaan air bersih, pengendalian vector, keadaan toilet dan hiygiene sanitasi makanan dan minuman sudah baik, namun kualitas parameter fisik seperti suhu, kelembaban dan intensitas cahaya tidak memenuhi persyaratan. Dan saran yang dapat diberikan penulis pengelola kereta api perlu meningkatkan sanitasi kereta api yang tidak memenuhi syarat.

Daftar bacaan  : 18 (1985-2010)
Kata kunci       : Sanitasi Kereta Api -
Klasifikasi       :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar