Selasa, 25 Maret 2014

STUDI PENERAPAN ERGONOMI SIKAP KERJA DUDUK PEKERJA

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang Jurusan 
Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2010

Abstrak
Putri Elita Ramadhini (lita_maran@yahoo.co.id)

STUDI PENERAPAN ERGONOMI SIKAP KERJA DUDUK PEKERJA 
BULU MATA PALSU PT. TIGA PUTRA ABADI PERKASA PURBALINGGA TAHUN 2010

xvi + 53 : tabel + gambar + lampiran 

Ergonomi merupakan  suatu ilmu yang berupaya menserasikan alat, cara dan lingkungan kerja terhadap kemampuan kebolehan dan batasan tenaga kerja sehingga tercipta kondisi kerja yang sehat, selamat dan aman, nyaman dan efisien sehingga mampu meningkatkan produktivitas kerja. PT. Tiga Putra Abadi Perkasa Purbalingga merupakan salah satu dari beberapa perusahaan yang sebagian besar pekerjanya dilakukan dengan sikap kerja duduk. Selain itu, ergonomi harus diterapkan pada sikap kerja berdiri ataupun duduk. Terlebih lagi resiko yang ditimbulkan pada sikap kerja duduk yaitu banyak orang sering mengabaikan apa yang dinamakan cara duduk yang benar.
Tujuan penelitian untuk mengetahui antropometri pekerja, ukuran tempat duduk dan kesesuian antara antropometri dengan ukuran tempat duduk.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian ini dilakukan selama 1 minggu. Data ergonomi didapatkan berdasarkan pengukuran tinggi duduk, tinggi siku duduk, tinggi pinggul duduk, tinggi lutut duduk, panjang tungkai atas, panjang tungkai bawah, lebar pinggul duduk dan jarak pandang mata. Setiap data yang didapatkan kemudian diolah berdasarkan ergonomi sikap kerja duduk.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengukuran antropometri pekerja bulu mata palsu  dengan ukuran tempat duduk belum dapat dikategorikan ergonomi.
Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu penerapan ergonomi belum diterapkan secara keseluruhan pada perusahaan khusunya dilihat dari sikap kerja duduk pekerja dan juga tempat duduk yang belum memenuhi kriteria ergonomi.   

Daftar bacaan  : 18 (1995 – 2010)
Kata Kunci      : Ergonomi Sikap Kerja Duduk
Klasifikasi       : 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar