Selasa, 25 Maret 2014

STUDI HUBUNGAN PEMAKAIAN AIR KOLAM RENANG DENGAN KUALITAS AIR KOLAM RENANG

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan  
Program Studi D III Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2010 
  
ABSTRAK 
Sidik Pramono (Akuadalah41@yahoo.co.id)
STUDI HUBUNGAN PEMAKAIAN AIR KOLAM RENANG TIRTA ASRI DENGAN KUALITAS AIR KOLAM RENANG DI DESA WALIK KECAMATAN KUTASARI KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2010 
xiv + 53 halaman: gambar, tabel dan lampiran 

Kolam renang merupakan salah satu sarana umum yang sering digunakan oleh masyarakat yang digunakan untuk berenang, berekreasi serta jasa pelayanan lainnya menggunakan air bersih yang telah diolah sebagai sarana utamanya. Permenkes Nomor 416/Menkes/Per/IX1990, menyatakan bahwa syarat air kolam renang meliputi syarat fisik, kimia dan mikrobiologis. 
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kualitas air kolam dengan kualitas air kolam renang Tirta Asri Desa Walik Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga yang meliputi kualitas fisik (bau, benda terapung dan kejernihan), kimia (pH dan sisa klor) dan mikrobiologis (coliform).
Metode penelitian deskriptif dan membandingkan hasil pemeriksaan dengan Permenkes RI No.416/Menkes/Per/IX1990, mengenai persyaratan air kolam renang.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara fisik kualitas air kolam renang Tirta Asri Desa Walik Kecamatan Kutasari Kabupaten Purbalingga tidak berbau, jernih, namum ada benda terapung. Kualitas kimia yaitu pH rata-rata 7 dan sisa klor rata-rata 0,1(mg/lt). Sedangkan kualitas mikrobiologi belum memenuhi persyaratan yang ditentukan.
Kesimpulan pengukuran didapatkan hasil kaulitas fisik air kolam yaitu tidak berbau,ada benda terapung dan jernih. Kualitas kimia pH rata-rata 7 dan sisa khlor rata-rata 0,1 mg/lt, serta kualitas mikrobiologis sebelum pemakaian air kolam yaitu 170 MPN/100ml dan 49 MPN/100ml dan setelah pemakaian air kolam yaitu 110 MPN/100ml dan 1600 MPN/100ml. Sehingga perlu dilakuanknya penjagaan dan perawatan yang lebih intensif baik terhadap kualitas air kolam renang maupun pengunjung kolam renang. 

Daftar bacaan  : 08 (1984-2009)
Kata kunci       : Kolam renang, kualitas air kolam renang-
Klasifikasi       :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar