Selasa, 25 Maret 2014

STUDI PENGELOLAAN TINJA DAN LIMBAH CAIR DI RUMAH SAKIT

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2010 

Abstrak 
Fitri Nur Isnaeni e-mail:Fitrinuris@gmail.com
STUDI PENGELOLAAN TINJA DAN LIMBAH CAIR DI RUMAH SAKIT ISLAM FATIMAH CILACAP TAHUN 2010 
XVI+ 61 halaman: gambar, tabel, lampiran 

Rumah Sakit merupakan suatu instalasi kesehatan yang mempunyai inti kegiatan promotif,preventif,kuratif,rehabilitatif.Tinja dan Limbah cair RSIF Cilacap berpotensi menimbulkan dampak negatif terhadap lingkungan.Untuk menangani dampak buruk yang ditimbulkan tinja dan limbah cair,diperlukan pengelolaan tinja dan limbah cair yang baik.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pengelolaan tinja dan limbah cair di RSIF Cilacap.
Metode penelitian ini adalah metode deskriprif,dengan subyek penelitian pengelolaan tinja dan limbah cair .Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara,observasi dan pengambilan data. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif,yaitu dengan mendeskripsikan keadaan pengelolaan pembuangan tinja dan limbah cair di RSIF Cilacap.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Organisasi Pengelolaan Tinja Dan Limbah Cair Rumah Sakit Islam Fatimah Cilacap (RSIF Cilacap) belum mempunyai stuktur organisasi pengelolaan tinja dan limbah cair. Dana untuk Pengelolan Tinja dan Limbah Cair yang ada untuk pengelolaan tinja  dan limbah cair diambil 12 % dari dana IPS PL. Jumlah sarana pembuangan tinja yang tersedia di RSIF Cilacap sebanyak 77 buah. Sedangkan jumlah sarana pembuangan limbah cair berjumlah 1 unit IPAL.Pemeliharaan sarana pembuangan tinja berupa kegiatan pembersihan WC,sedangkan limbah cair berupa pembersihan areal IPAL, pengontrolan saluran IPAL.  
Kesimpulan penelitian ini menunjukkan pengelolaan tinja dan limbah cair di RSIF Cilacap sudah baik.saran yang diberikan untuk pihak Rumah Sakit Meningkatkan sumber daya manusia khususnya tenaga pelaksana pengelolaan tinja dan limbah cair,pemisahan antara Instalasi Pemeliharaan dengan Instalasi Penyehatan Lingkungan,perlu ada penambahan dana yang dialokasikan untuk pengelolaan tinja dan limbah cair,melengkapi IPAL dengan pembuatan saringan, bak pengangkap pasir, penangkap minyak dan lemak, dan proses klorinasi pada pembuanga akhir.  

Daftar bacaan : 11 (1987 – 2009)
Kata kunci      : Pengelolaan Tinja dan Limbah Cair 
Klasifikasi      : -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar