Selasa, 25 Maret 2014

TINJAUAN SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH MEDIS DI RUMAH SAKIT

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan 
Prodi D III Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2010 

Abstrak  
Rahayu Nur Fibiyanti
TINJAUAN SISTEM PENGELOLAAN SAMPAH MEDIS DI RUMAH SAKIT TINGKAT III 04.06.01 WIJAYAKUSUMA PURWOKERTO TAHUN 2010.
XIX + 51. Halaman: tabel, gambar, lampiran 

Rumah sakit merupakan tempat dimana dilaksanakannya berbagai pelayanan kesehatan yang mempunyai peran penting dalam memperketat penyembuhan dan pemulihan penyakit. Sampah merupakan hasil dari aktifitas rumah sakit baik sampah medis maupun sampah medis. Rumah sakit tingkat III 04.06.01 wijayakusuma purwokerto bertipe C dengan kapasitas tempat tidur 120 buah. Menghasilkan sampah medis rata- rata 0,053m3/hari
Tujuan penelitian untuk mengetahui sumber, pewadahan, pengumpulan, pengangkutan, pengolahan dan pembuangan ahkir sampah medis di rumah sakit tingkat III 04.06.01 wijayakusuma purwokerto Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif dan pengumpulan data dengan cara observasi, pengukuran dan wawancara.
Hasil penelitian bahwa pengelolaan sampah medis ditangani oleh pihak rumah sakit tingkat III 04.06.01 wijayakusuma purwokerto. Berdasarkan hasil pengukuran volume sampah medis di rumah sakit tingkat III 04.06.01 wijayakusuma purwokerto rata-rata perhari adalah 0,053m3. Pada pengumpulan tempat sampah medis digunakan kantong plastic sebagai pembungkus sampah. Pengangkutan sampah medis dari pengumpul ke tempat incinerator di lakukan oleh petugas secara manual, pemusnahan sampah nedis dengan di bakar pada incinerator. Untuk meningkatkan kondisi pengelolaan sampah yang lebih baik disarankan agar pihak rumah sakit mengelola sampah medis secara teratur, dan sesuai dengan saran kesehatan yang meliputi adanya pengawasan terhadap sampah agar tidak tercampur antara sampah medis dan sampah non medis dan selalu menggunakan APD dengan baik.  

Daftar bacaan :8 (1985-2009)
Kata kunci      :Sampah medis
Klasifikasi      :-
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar