Selasa, 25 Maret 2014

TINJAUAN SANITASI GERBONG KERETA API KELAS EKONOMI

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, 16 Juli 2010


ABSTRAK
Mochamad Nur Arifin (as_4v@yahoo.co.id)
TINJAUAN SANITASI GERBONG KERETA API KELAS EKONOMI DAOP V PURWOKERTO TAHUN 2010 
xx + 100 halaman: gambar, tabel, dan lampiran

Kereta api merupakan salah satu sarana transportasi umum yang sering digunakan oleh masyarakat. Sebagai salah satu sarana pelayanan umum, sanitasi kereta api harus diperhatikan karena jika tidak diperhatikan akan mengganggu kenyamanan penumpang khususnya untuk Kereta api Kelas Ekonomi Daop V Purwokerto.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui keadaan sanitasi, fasilitas fisik gerbong kereta api, pengendalian vektor, penanganan sampah, kualitas air bersih secara fisik, hygiene sanitasi makanan, keadaan suhu, kelembaban, dan intensitas cahaya pada Gerbong Kereta api Kelas Ekonomi Daop V Purwokerto.
Metode penelitian deskriptif karena hanya menggambarkan fakta yang ada berupa kondisi sanitasi Kereta api Kelas Ekonomi Daop V Purwokerto.
Hasil penelitian menyebutkan bahwa keadaan sanitasi Kereta api Kelas Ekonomi Daop V Purwokerto cukup. Keadaan suhu, kelembaban dan intensitas cahaya yang masuk ke dalam gerbong tidak memenuhi syarat sedangkan pengendalian vektor, penanganan sampah, kualitas fisik air bersih, dan hygiene sanitasi makanan dengan skore baik.
Kesimpulan bahwa secara umum sanitasi di Gerbong Kereta api Daop V Purwokerto dalam kondisi cukup karena fasilitas fisik gerbong kereta api belum 100% baik, suhu, kelembaban, intensitas cahaya tidak memenuhi persyaratan. Dan saran yang dapat diberikan penulis pengelola kereta api perlu meningkatkan sanitasi kereta api terutama dengan fasilitas fisik yang tidak memenuhi syarat dengan cara menambahkan tempat sampah dan kotak PPPK, pengelola kereta api harus lebih memperhatikan kebersihan lantai, dan toilet.

Daftar bacaan : 12 (1985-2010)
Kata kunci      : Sanitasi Kereta api
Klasifikasi      : -

Tidak ada komentar:

Posting Komentar