Senin, 24 Maret 2014

TINJAUAN PENGELOLAAN SAMPAH DI PASAR

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
                                                                                                         Karya Tulis Ilmiah, 2 Agustus 2010

ABSTRAK 
Arry Setiawan  (arie_kasep1613@yahoo.co.id)
TINJAUAN PENGELOLAAN SAMPAH DI PASAR BARU MAJENANG KECAMATAN MAJENANG KABUPATEN CILACAP TAHUN 2010 
Xviii +  61 halaman : tabel, gambar, lampiran 

Sampah merupakan hasil buangan dari kegiatan manusia yang sudah tidak terpakai lagi. Beberapa sumber sampah yang ada, salah satunya yaitu berasal dari pasar. Berdasarkan data dari Pasar Baru Majenang diketahui jumlah seluruh pedagang yang ada di Pasar Baru Majenang sebanyak 770 pedagang. Jumlah itu akan mempengaruhi jumlah sampah yang dihasilkan. Apabila sampah yang ditimbulkan oleh Pasar Baru Majenang tidak dikelola, maka sampah itu akan menimbulkan banyak masalah salah satunya yaitu sampah akan menjadi sarang lalat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pengelolaan sampah yang ada di Pasar Baru Majenang tahun 2010.
Jenis penelitian ini deskriptif dengan maksud untuk memperoleh gambaran yang jelas dan nyata tentang pengelolaan sampah yang ada di Pasar Baru Majenang tahun 2010. Cara pengumpulan datan dengan cara observasi, wawancara, dan pengukuran. Peneliti menggunakan metode accidental sampling atau sampel sembarangan yaitu mengambil 10 % pedagang dari seluruh pedagang, sehingga yang diamati hanya 77 pedagang dari 770 pedagang. Analisis yang dipakai adalah analisis tabel dengan menguraikan data dalam tabel dan membandingkan dengan teori yang ada.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa keseluruhan penilaian terhadap pengelolaan sampah di Pasar Baru Majenang yang menggunakan instrumen cheklist dengan skor  41,38 %, maka pengelolaan sampah di Pasar Baru Majenang tidak memenuhi syarat kesehatan.
Untuk mengatasi permasalahan sampah yang ada di Pasar Baru Majenang hendaknya kepada pihak pengelola pasar menyediakan tempat sampah, APD, membangun TPS, membangun gudang alat dan mengadakan penyuluhan. Saran untuk pedagang sebaiknya juga mempunyai tempat sampah sendiri, selalu membuang sampah pada tempatnya serta melakukan pemilahan. Saran untuk pengunjung agar selalu membuang sampah pada tempat sampah. Saran untuk petugas kebersihan agar menggunakan APD serta mengolah sampah menjadi pupuk.
 
Daftar Bacaan : 18 (1981 – 2010)
Kata Kunci      : sampah, pengelolaan sampah
Klasifikasi       : - 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar