Selasa, 25 Maret 2014

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program studi Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Karya Tulis Ilmiah. Juni 2010

Abstrak
Hadi Winarso (winarsoh@yahoo.com)
HUBUNGAN KADAR Pb DARAH DENGAN KELELAHAN SUBYEKTIF PETUGAS SPBU DI KOTA PURWOKERTO TAHUN 2010
II + 57 halaman : gambar, tabel, lampiran 

Kota Purwokerto sebagai pusat pendidikan menjadikannya sebagai kota dengan lalu lintas yang padat. Sampai saat ini belum ada aturan untuk mengontrol produksi kendaraan bermotor maka berakibat pada pollusi udara. Salah satu bahan pencemar udara yang berbahaya terhadap kesehatan manusia adalah timah hitam atau yang sering disingkat Pb (plumbum). Pb di dalam tubuh memiliki banyak masalah kesehatan dan salah satu dampak penting dalam studi keselamatan dan kesehatan kerja adalah kadar Pb dalam darah di atas nilai ambang batas yaitu 10µg/dl dapat menyebabkan kelelahan subyektif sehingga dapat menurunkan produktivitas kerja. Salah satu tempat yang memiliki potensi tinggi terhadap adanya paparan Pb adalah SPBU.
Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya kadar Pb darah petugas SPBU, mengetahui tingkat kelelahan  subyektif yang dirasakan oleh tenaga operator SPBU dan mengetahui hubungan antara kadar Pb darah dengan kelelahan subyektif tenaga operator SPBU.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analitik dengan pendekatan Cross-sectional. Responden yang masuk dalam penelitian ini adalah tenaga operator SPBU di Kota Purwokerto yang memiliki masa kerja di atas 3 tahun, dan bersedia menjadi responden. Waktu penelitian ini dilaksanakan selama bulan Mei tahun 2010. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, dan intrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner.
Hasil penelitian ini menunjukan kadar timah hitam (Pb) darah 19 petugas operator SPBU di kota Purwokerto di atas nilai ambang batas yaitu lebih besar dari 10µg/dl. 11  (56%) termasuk dalam kategori Pb rendah, 8 (42,1) responden termasuk dalam kategori kadar Pb darah tinggi. Hasil perhitungan Chi-square terdapat sel dibawah nilai harapan sehingga digunakan Fisher`s Exact Test dan didapatkan nilai 0,00 maka maka dinyatakan signifikan dan ada hubungan antara kadar Pb darah dengan kelelahan.  Terdapat hubungan antara kadar Pb darah dengan kelelahan subyektif, semakin tinggi kadar Pb seseorang maka akan  mengalami kelelahan subyektif yang semakin berat. Saran yang sebaiknya dilakukan yaitu memperhatikan asupan gizi kerja, mengecek secara rutin kondisi kesehatan tenaga kerja memberikan waktu untuk istirahat kepada tenaga kerja sehinga kadar Pb dapat disekreskan oleh tubuh, memberikan alat pelindung diri berupa masker dan sarung tangan.
    
Daftar bacaan : 1988-2010
Kata kunci      : Kadar Pb darah
Klasifikasi      :  - 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar