Selasa, 25 Maret 2014

STUDI KADAR SISA CHLOR MENURUT WAKTU PEMAKAIAN AIR KOLAM RENANG

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Study Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2010

Abstrak
Nur Dwi Tiyastuti (wiwie_tok@yahoo.com)
STUDI KADAR SISA CHLOR MENURUT WAKTU PEMAKAIAN AIR KOLAM RENANG PURBASARI KECAMATAN PADAMARA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2010 
XVI + 58 halaman; gambar, tabel, lampiran 

Kolam renang adalah salah satu tempat yang membutuhkan air dan dalam penggunaannya air kolam renang langsung kontak dengan pengunjung sehingga berpotensi menularkan penyakit. Usaha untuk membebaskan air kolam renang dari kuman adalah dengan desinfeksi. Desinfeksi yang umum digunakan di kolam renang adalah dengan chlorin yang biasa disebut chlorinasi. Bahan untuk chlorinasi menggunakan kaporit. Kelebihan kaporit adalah harga relatif murah, mudah didapat dan dapat digunakan untuk volume air yang besar.
Tujuan penelitian untuk mengetahui kadar sisa chlor, pH, suhu, zat organik sebelum pemakaian, pada saat pemakaian dan sesudah pemakaian kemudian di deskripsikan dengan persyaratan Peraturan Menteri Kesehatan No. 416/Menkes/Per/IX/1990 mengenai persyaratan air kolam renang. 
Metode penelitian analisis inferensial untuk membuktikan hipotesis (Ho) berdasarkan fakta dan data yang ada, dan pendekatan cross sectional yaitu mendapatkan data dalam satu waktu. Hasil penelitian di analisis menggunakan uji Anova, uji Mann-Whitney dan uji Kruskal-Wallis.
Hasil penelitian sisa chlor pada saat dan sesudah digunakan air kolam renang Purbasari Kecamatan Padamara Kabupaten Purbalingga adalah 0,0 mg/lt sehingga tidak memenuhi persyaratan Peraturan Menteri Kesehatan No.416/Menkes/Per/IX/1990 yaitu 0,2 mg/lt – 0,5 mg/lt sehingga ada perbedaan yang bermakna antara sisa chlor sebelum pemakaian, pada saat pemakaian dan sesudah pemakaian.
Peneliti menyarankan untuk menjaga kesehatan kolam renang dan dengan chlorinasi menggunakan Triklorit 90 karena lebih hemat dan dosisnya hanya 2 gr untuk 1 m3 air kolam renang serta metode tuang. Dan jumlahnya sesuai dengan volume air kolam renang. Untuk peneliti selanjutnya dilengkapi dengan pemeriksaan bakteri coliform.
 
Daftar bacaan  : 12 (1975-2005)
Kata kunci       : Sisa Chlor, Air Kolam Renang
Klasifikasi       :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar