Selasa, 25 Maret 2014

TINJAUAN PENGELOLAAN SAMPAH NON MEDIS DI RSUD


Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Progran studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2010

Abstrak 
Maria Febiany (mariafebiany@yahoo.co.id)
TINJAUAN PENGELOLAAN SAMPAH NON MEDIS DI RSUD Dr.SOESELO KABUPATEN TEGAL TAHUN 2010 
XVI + 57 halaman: gambar, tabel, lampiran 

Rumah sakit merupakan institusi atau tempat pelayanan kesehatan terhadap individu pasien,keluarga dan masyarakat dengan inti pelayanan medik baik dai segi preventif,kuratif,rehabilitatif dan promotif yang diproses secara terpadu agar mencapai pelayanan kesehatan paripurna.Rumah sakit merupakan salah satu sumber timbulnya sampah,dampak negatif sampah rumah sakit yaitu sebagai sumber infeksi menularkan penyait,mengganggu estetika lingkungan Rumah sakit karena dapat sebagai tempat berkembangbiak lalat, nyamuk dan binatang pengganggu, serta merupakan sumber pencemaran air, tanah dan udara. 
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan sampah non medis di RSUD Dr. Soeselo Kabupaten Tegal.
Metode penelitian yaitu deskriptif melalui observasi, pengukuran dan wawancara tenaga pengelola sampah. 
Hasil peelitian bahwa pengetahuan tenaga cukup,tempat sampah sudah cukup untuk menampung sampah yang dihasilkan. Pengangkutan sampah menggunakan gerobak terbuka, tidak ada jalur khusus pengangkut sampah dan sampah ditempatkan pada penempungan sementara yang letaknya diluar wilayh rumah sakit, mudah dijangkau oleh kendaraan pengangkut sampah.pembuangan akhir sampah non medis dilaksanakan oleh Dinas Kebersihan Perkotaan (DKP) seminggu 3 kali pada hari senin, Rabu dan Sabtu.
Kesimpulan tempat sampah yang ada di Rumah sakit sudah mencukupi kebutuhan, timbulan sampah yang dihasilkan volume rata-rata 3526,6 L . Pengangkutan dari setiap unit dilaksanakan 2 kali sehari pada pagi dan sore hari. Pembuangan akhir sampah dilaksanakan oleh pihak ketiga yaitu Dinas Kebersihan Perkotaan (DKP) seminggu 3 kali senin, rabu dan sabtu.Sebaiknya pada saat pengangkutan sampah dari setiap unit menggunakan gerobak yang tertutup dan jalur yang khusus pengangkutan sampah, pembuangan akhir sampah medis dilaksanakan setiap hari.

Daftar bacaan : 14 (1985- 2010)
Kata kunci      : Sampah
Klasifikasi      :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar