Senin, 24 Maret 2014

STUDI DESKRIPTIF KEADAAN SANITASI RUMAH PENDERITA PENTAKIT TB PARU BTA (+) DI WILAYAH

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2010

Abstrak 
Brian Bagus Panuntun Email: boyzjavapanuntun@rocketmail.com
STUDI DESKRIPTIF KEADAAN SANITASI RUMAH PENDERITA PENTAKIT TB PARU BTA (+) DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS II SOKARAJA KECAMATAN SOKARAJA KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2010 
xi + 58 halaman: gambar, tabel, lampiran

TB Paru diwilayah kerja Puskesmas II Sokaraja berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Banyumas (DKK) diperoleh bahwa termasuk dalam 5 besar kasus penderita penyakit TB Paru BTA (+) di seluruh Puskesmas di Kabupaten Banyumas. Puskesmas II Sokaraja merupakan salah satu puskesmas yang berada di Kecamatan Sokaraja yang memiliki luas wilayah 1281,5 km
. Oleh karena itu perlu dilakukan observasi agar mengetahui penyebab timbulnya penyakit TB Paru.  Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif yaitu metode pemecahan masalah dengan menggambarkan apa adanya tentang suatu keadaan atau berdasarkan fakta yang ada. Data yang diperoleh dari pengamatan dan pengukuran, hasilnya diolah dan disajikan dalam bentuk tabel, kemudian dianalisis dengan persyaratan yang ada. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi sanitasi setiap rumah di wilayah kerja Puskesmas II Sokaraja memiliki kondisi yang kurang baik karena tingkat pendidikan yang rendah dan pola hidup sehat yang tidak diterapkan oleh warga masyarakat. 
Kesimpulannya yaitu rumah penderita TB Paru di wilayah kerja Puskesmas II Sokaraja yang paling banyak adalah kondisi rumah dengan kriteria rumah yang kurang baik dan saran yang diberikan yaitu rajin membersihkan rumah, memperhatikan sirkulasi udara, pencahayaan dan pentingnya untuk pemisahan alat makan khususnya pada penderita TB Paru dan menjalin kerjasama antara warga khususnya penderita dengan Puskesmas yang ada di wilayah tersebut.   

Daftar bacaan : 21 (1986-2009)
Kata Kunci     : Keadaan Sanitasi Rumah
Klasifikasi      : 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar