Selasa, 25 Maret 2014

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kementerian Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan  Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juni 2010   

ABSTRAK 
Iwan Setiawan (sangar_iwan@yahoo.co.id) 
STUDI KEPADATAN LALAT DI PASAR BARU KECAMATAN MAJENANG KABUPATEN CILALAP TAHUN 2010  
XI+ 57 bhalaman : gambar, tabel, 7 lampiran 

Kepadatan lalat merupakan suatu indikator kurang baiknya cara pengelolaan sampah atau rendahnya tingkat kondisi sanitasi, sehingga dapat menimbulkan kemerosotan kualitas lingkungan. Studi kepadatan lalat diharapkan mampu menjadi petunjuk tingkat pencemaran yang terjadi di lingkungan pasar.
Tujuan penelitian memberikan gambaran tentang perilaku masyarakat pasar dalam interaksinya dengan lingkungan, terutama yang terkait erat dengan masalah kesehatan. Data sekunder diperoleh dari hasil wawncara dengan kepala Pasar Baru Majenang dan petugas yang berupa keadaan pedagang, sarana kesehatan lingkungan, upaya pengendalian lalat dan denah lokasi.
Hasil penelitian didapatkan data sebagai berikut: Kepadatan lalat di Pasar Baru Majenang adalah 17 ekor per block grill. Hal ini menunjukan bahwa kepadatan lalat di Pasar Baru Majenang termasuk dalam kriteria tinggi / padat, karena mempunyai kepadatan lalat dalam range 6-20 ekor. Kepadatan lalat pada tempat penjualan daging  16 ekor  per block grill, penjualan sayuran 13 ekor per block grill, penjualan ikan 17 ekor per block grill, penjualan masakan jadi 10 ekor per block grill dan TPS 25 ekor per block grill. Setelah dilakukan inspeksi sanitasi, kondisi sanitasi Pasar Baru Majenang adalah 65,52 %.
Kesimpulan dari pengukuran kepadatan lalat tertingi adalah di TPS sebanyak 25 ekor per block grill. Kondisi sanitasi Pasar Baru Majenang cukup baik dan penanganan sampah sudah baik hanya saja kurangnya ketersediaan tempat sampah yang baik dan mecukupi.
Saran pada pengelola Pasar Baru Majenang dan petugas yang berwenang agar dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas sarana pengelolaan sampah. Perlu adanya penanganan atau upaya pengendalian lalat dari pengelola pasar maupun dari kesadaran dari para pedagang serta perlu diadakan tempat sampah yang baik dan mencukupi. 

Daftar bacaan : 14 (1981 - 2008)
Kata kunci      : Lalat, Penendalian Vektor, Pasar
Klasifikasi      : 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar