Selasa, 25 Maret 2014

Studi Pengelolaan Sampah Di Pondok Pesantren

Departemen Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Depkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2010

Abstrak
Rina Yulianna ( alvista_21@yahoo.com  )
Studi Pengelolaan Sampah Di Pondok Pesantren Ar  Rohman Kelurahan Kalikabong Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga Tahun 2010 
xii + 57 halaman : tabel, gambar, lampiran 

Pondok Pesantren Ar  Rohman Kelurahan Kalikabong Kecamatan Kalimanah Kabupaten Purbalingga adalah sebuah sarana yang merupakan tempat umum untuk itu dalam penyelenggaraannya harus selalu menjaga kebersihan agar tidak mudah menularkan penyakit. Untuk mewujudkan tempat yang bersih tidaklah mudah, salah satunya ialah dengan penanganan sampah yang baik, penanganan sampah yang kurang baik akan menimbulkan gangguan bagi kesehatan masyarakat, misalnya terjadi pencemaran lingkungan yang akan mengundang datangnya bibit penyakit.
Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui bagaimana pengelolaan sampah di Pondok Pesantren Ar  Rohman Purbalingga Tahun 2010. Metode penelitian deskriptif, dimana pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara.
Hasil penelitian pondok Pesantren Ar  Rohman  saat ini mempunyai penghuni sebanyak 71 orang juga ditambah murid, pegawai serta karyawan yang ada di MTS yang menempati 7 asrama dan 1 rumah pimpinan / ustadz serta 1 rumah pegawai MTS, setiap hari rata  rata menghasilkan sampah sebanyak 170,6 liter. Namun sampai saat ini penanganan masalah sampah di Pondok Pesantren Ar  Rohman Purbalingga kurang diperhatikan yaitu terlihat dari adanya sampah yang masih banyak berserakan, hal ini dikarenakan petugas pengelola sampah yang tidak maksimal dalam bekerja. Kesimpulan maka sebaiknya para santri dan petugas sampah di Pondok Pesantren Ar  Rohman Purbalingga ada baiknya diberi pengetahuan tentang masalah yang timbul akibat sampah yang tidak tertangani dengan baik atau dibuat peraturan dan sanksi bagi yang membuang sampah sembarangan sehingga petugas pengelola sampah disini akan lebih maksimal dalam bekerja dan yang lebih penting agar kebersihan dan kenyamanan di Pondok Pesantren Ar  Rohman Purbalingga dapat lebih meningkat.

Kepustakaan : 20 ( 1982  2010 )
Kata kunci    : Pondok pesantren, Sampah, Pengelolaan sampah
Klasifikasi    : -

1 komentar:

  1. Assalamualaikum,bila masalah sampah blm dpt teratasi dgn baik monggo buka http://teknologitpa.blogspot.com

    BalasHapus