Selasa, 25 Maret 2014

TINJAUAN SANITASI HOTEL

Kementerian  Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan   
Progam Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2010 

Abstrak
Ristanto (ristantomona@yahoo.com)
TINJAUAN SANITASI HOTEL AMANJIWO BOROBUDUR KABUPATEN MAGELANG TAHUN 2010 
xii+85 halaman : tabel, gambar, lampiran 

Hotel merupakan sarana umum yang dikelola secara komersil dan memiliki risiko kesehatan yang tinggi apabila tidak memenuhi persyaratan kesehatan hotel. Pengawasan sanitasi hotel yang meliputi bagian luar, bagian dalam, fasilitas sanitasi, dan fasilitas pendukung hotel disesuaikan dengan persyaratan kesehatan hotel untuk mencegah penularan penyakit dan gangguan lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi sanitasi Hotel Amanjiwo Borobudur yang meliputi kondisi sanitasi bagian luar, bagian dalam, fasilitas sanitasi dan fasilitas pendukung hotel.   
Jenis penelitian ini adalah deskriptif yaitu menggambarkan keadaan sanitasi Hotel Amanjiwo Borobudur. Cara pengumpulan data yaitu wawancara dengan pengelola dan karyawan hotel, observasi langsung pada obyek yang diteliti serta dilakukan pengukuran, meliputi pengukuran pencahayaan, suhu, kelembaban.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi sanitasi hotel bagian luar, bagian dalam, fasilitas sanitasi, fasilitas pendukung, pencahayaan, suhu, dan kelembaban di hotel Amanjiwo sudah memenuhi syarat.
Disimpulkan bahwa kondisi sanitasi hotel secara umum sudah memenuhi syarat dengan kategori sangat baik. Disarankan  bagi  pihak pengelola hotel dan  karyawan harus tetap mempertahankan kondisi sanitasi hotel yang sudah ada.
 
Daftar bacaan : 22  (1980-2009)
Kata Kunci     : Sanitasi Hotel
Klasifikasi      : -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar