Selasa, 25 Maret 2014

STUDI PENGELOLAAN LINEN DI RUMAH SAKIT

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Program studi Diploma III kesehatan lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2010

ABSTRAK  
Sanaa Binti Bachruddin (Prasya_pradista@yahoo.co.id)
STUDI PENGELOLAAN LINEN DI RUMAH SAKIT TK III 04. 06. 01 WIJAYAKUSUMA PURWOKERTO TAHUN 2010 
XVII + 61 halaman: gambar, tabel dan lampiran 

Linen kotor merupakan salah satu sumber kontaminasi yang ada di Rumah Sakit. Jika penanganan linen dilakukan secara tidak baik, maka dapat menyebabkan penyebaran penyakit dari pasien ke pasien, dari pasien ke pengunjung, ataupun dari pasien ke petugas Rumah Sakit. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan lokasi dan bangunan pengelolaan linen, penanganan linen kotor, penanganan linen bersih, dan penggunaan alat pelindung diri.
Jenis penelitian menggunakan metode deskriptif yaitu dengan cara membandingkan hasil penelitian yang dilakukan dengan teori dan peraturan yang berlaku yaitu KepMenkes RI Nomor 1204/menkes/SK/X/2004. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa pengelolaan linen di Rumah Sakit TK III 04. 06. 01 Wijayakusuma Purwokerto cukup baik dengan nilai 73% berdasarkan kriteria penilaian menurut Suharsimi Arikunto (1998, h.246)
Kesimpulan yang dapat di ambil bahwa pengelolaan linen di Rumah Sakit TK III 04. 06. 01 Wijayakusuma Purwokerto sudah baik dan saran yang dapat peneliti sampaikan adalah upaya yang dapat dilakukan dengan meningkatkan lagi sanitasi pengelolaan linen dan upaya pencegahan kontaminasi. Penanggulangan yang dilakukan dari mulai pengumpulan linen sampai pendistribusian, dan tenaga atau pengelola linen dalam penggunaan Alat Pelindung Diri yang baik dan benar menurut syarat kesehatan.

Daftar bacaan :  11 (1981-2009)
Kata kunci      :  Pengelolaan linen
Klasifikasi      :   -
 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar