Selasa, 25 Maret 2014

STUDI IDENTIFIKASI LARVA NYAMUK Anopheles sp PADA SUMUR GALI

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politekenik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Program Studi DIII Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2010   

Abstrak 
Erna Kurnia Sari (ena_nia@ymail.com)
STUDI IDENTIFIKASI LARVA NYAMUK Anopheles sp PADA SUMUR GALI DI WILAYAH PUSKESMAS BANYUASIN KECAMATAN LOANO KABUPATEN PURWOREJO TAHUN 2010 
xv + 59 : tabel + halaman + lampiran 

Penyakit malaria ditularkan dari orang sakit ke orang sehat melalui gigitan nyamuk Anopheles. Nyamuk Anopheles banyak ditemukan di daerah perbukitan dan persawahan seperti di Bukit Menoreh, Purworejo yang banyak terdapat tempat perkembangbiakan nyamuk. Wilayah Puskesmas Banyuasin merupakan daerah tertinggi kasus malaria di Kabupaten Purworejo. Penelitian ini dilaksanakan di wilayah Puskesmas Banyuasin.
Tujuan penelitian untuk mengetahui jumlah larva nyamuk hasil tangkapan, proporsi larva Anopheles dan non Anopheles serta spesies Anopheles yang ditemukan pada sumur gali.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian ini dilakukan selama 4 hari. Penangkapan larva dilakukan menggunakan cidukan pada sumur gali dengan metode accidental sampling. Setiap sumur gali yang terdapat larva nyamuk dilakukan penangkapan larva. Jumlah sumur gali di wilayah Puskesmas Banyuasin sebanyak 36 sumur. Identifikasi jenis larva dilakukan pada semua larva yang tertangkap.
Hasil penelitian menunjukkan sumur gali yang positif larva nyamuk sebanyak 16 sumur. Jumlah larva nyamuk yang ditemukan sebanyak 196 larva. Proporsi larva Anopheles  sebanyak 11,22 % dan  non Anopheles sebanyak 88,78 %. Spesies Anopheles yang ditemukan adalah Anopheles maculatus (81,8 %) dan Anopheles balabacencis (18,2 %).
Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah larva Anopheles tidak hanya ditemukan di sawah, kolam dan sungai tetapi juga ditemukan di sumur gali. Proposi larva Anopheles pada sumur gali lebih sedikit daripada non Anopheles. Spesies Anopheles yang ditemukan adalah Anopheles maculatus dan Anopheles balabacencis. Dari hasil tersebut maka diharapkan Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo dan Puskesmas Banyuasin juga melakukan survei dan pengendalian larva nyamuk pada sumur gali sebagai tempat perkembangbiakan nyamuk. 

Daftar bacaan  : 23 (1987  2009)
Kata Kunci      :  Spesies Anopheles
Klasifikasi       : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar