Selasa, 25 Maret 2014

HUBUNGAN SIKAP KERJA DENGAN KELELAHAN SUBYEKTIF PADA PEKERJA INDUSTRI BATIK

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2010

Abstrak
Irta Sylviana Dewi (email : niertasylviana@yahoo.com)
HUBUNGAN SIKAP KERJA DENGAN KELELAHAN SUBYEKTIF PADA PEKERJA INDUSTRI RAJASA MAS BATIK DI DESA MAOS KIDUL KECAMATAN MAOS KABUPATEN CILACAP TAHUN 2010 
xviii+62 halaman: gambar, tabel, lampiran 

Sikap tubuh dalam bekerja merupakan gambaran tentang posisi badan, kepala dan anggota tubuh (tangan dan kaki) baik dalam hubungan antar bagianbagian tubuh tersebut maupun letak pusat gravitasinya. Sikap kerja berdiri dan sikap kerja duduk merupakan salah satu sikap kerja yang sering dilakukan ketika melakukan pekerjaan.
Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional dengan pendekatan cross sectional. Bertujuan untuk mengetahui hubungan antara sikap kerja dengan kelelahan subyektif pada pekerja Industri Rajasa Mas Batik.
Hasil penelitian menunjukan sikap kerja ergonomis 40% dan kurang ergonomis 40%. Nilai p > 0,05. Sehingga tidak ada hubungan antara sikap kerja dengan kelelahan subyektif. Hasil perhitungan 15 sampel dengan uji regresi didapat persamaan y=42,755+0,167x. 
Kesimpulan sikap kerja ergonomis sebanyak 40% dan kurang ergonomis 40%. 80% pekerja mengalami kelelahan ringan. Nilai p>0,05 sehingga, tidak ada hubungan antara sikap kerja dan kelelahan subyektif. Saran yang diberikan kepada pemilik adakan penyuluhan kesehatan dan keselamatan kerja mengenai kelelahan kerja subyektif yang dilakukan secara berkala minimal 2 kali dalam 1 tahun untuk mengurangi resiko kelelahan kerja pada pekerja, peningkatan nilai gizi degan menyediakan makanan tambahan yang bergizi seimbang untuk menjaga kesehatan pekerja seperti susu setiap 2 kali dalam seminggu.

Daftar bacaan  : 18 (1989-2009)
Kata kunci       : sikap kerja, kelelahan subyektif
Klasifikasi       :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar