Senin, 24 Maret 2014

TINJAUAN PENERAPAN KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA PADA PROSES KONSTRUKSI BANGUNAN

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia   
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang  
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan  
                                                                                                                  Karya Tulis Ilmiah, Juli 2010 
 
Abstrak
Adi Sucipto  (adi_molek1988 @yahoo.co.id)
TINJAUAN PENERAPAN  KESEHATAN  DAN KESELAMATAN KERJA PADA PROSES KONSTRUKSI BANGUNAN DI PT. GLOBAL STANDAR  NEO TECH  TAHUN 2010 
xvii + 59 halaman: gambar, tabel, lampiran

Industri konstruksi memiliki risiko kecelakaan kerja. Penyebab utama kecelakaan kerja pada proyek konstruksi berhubungan dengan karakteristik proyek konstruksi yang bersifat unik, lokasi kerja yang berbeda-beda, terbuka dan dipengaruhi cuaca, waktu pelaksanaan yang terbatas, dinamis dan menuntut ketahanan fisik yang tinggi, serta banyak menggunakan tenaga kerja yang tidak terlatih. Ditambah dengan manajemen keselamatan kerja yang sangat lemah. PT. Global Standar Neo Tech adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang konstruksi, boiler, duping, dan instalasi perpipaan. 
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan tujuan untuk menggambarkan penerapan keselamatan dan  kesehatan  kerja di PT. Global Standar Neo Tech .
Hasil penelitian ini meliputi lingkungan kerja yaitu suhu rata-rata sebesar 28,5 C, kelembaban sebesar 71,5 %, dan kebisingan sebesar 68,5 dB. Kecelakaan kerja yang terjadi sebanyak 3 kasus berupa tertimpa material dan terjatuh. Sedangkan  gangguan kesehatan yang dialami pekerja berupa sakit kepala  sejumlah 12 orang, sulit konsentrasi sejumlah 6 orang, dan ISPA sejumlah 9 orang. Sebagai tindakan pengendalian K3 dilakukan pendekatan terhadap manajemen, peraturan, tenaga kerja, dan lingkungan. Penerapan kesehatan dan keselamatan kerja di PT. Global Standar Neo Tech sudah baik. Lingkungan kerja berupa lingkungan fisik (suhu, kelembaban, dan kebisingan) tidak memiliki risiko yang besar. Selain itu upaya kesehatan kerja berupa pembangunan klinik, dan jaminan sosial tenaga kerja. Namun ada beberapa tindakan yang perlu diperbaiki seperti pengawasan terhadap pekerja lebih ditingkatkan untuk mengurangi kecelakaan kerja. 

Daftar bacaan : 23 (1969 – 2010)
Kata kunci      : Manajemen, Kecelakaan kerja, Konstruksi bangunan 
Klasifikasi      : - 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar