Selasa, 25 Maret 2014

STUDI KORELASI ANTARA KEPEMILIKAN JAMBAN DENGAN PENCEMARAN TANAH OLEH TELUR CACING NEMATODA USUS DI DESA

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan 
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2010  

Abstrak 
Laeli Nurrohmah (laeli_nurrohmah@yahoo.com)
STUDI KORELASI ANTARA KEPEMILIKAN JAMBAN DENGAN PENCEMARAN TANAH OLEH TELUR CACING NEMATODA USUS DI DESA KALIPUTIH KECAMATAN KUTOWINANGUN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2010
XVII + 52 halaman: gambar, tabel, lampiran

Tanah sebagai salah satu lingkungan fisik yang dapat  tercemari keadaannya, baik secara alami maupun aktifitas manusia. Salah satu indikasi tercemarnya tanah adalah adanya telur cacing nematoda usus. Pembuangan tinja di jamban merupakan salah satu bentuk tindakan preventif, sehingga perlu penyediaan sarana jamban di rumah guna menciptakan lingkungan yang sehat. 
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kepemilikan jamban, mendeskripsikan persentase pencemaran tanah oleh telur cacing nematoda usus, menganalisis hubungan antara kepemilikan jamban dengan pencemaran tanah oleh telur cacing nematoda usus.
Jenis penelitian yang digunakan adalah observasional dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kepala keluarga di Desa Kaliputih yaitu  458 KK. Sampel diambil dengan metode Stratified random sampling, sebesar 10%  yaitu 46 sampel.
Hasil penelitian ini adalah  kepemilikan jamban di Desa Kaliputih termasuk dalam kategori baik, 356 KK (78%) sudah mempunyai jamban. Dari 46 sampel yang di teliti, 10 sampel tanah (22%)  positif tercemar telur cacing nematoda usus. Tidak ada hubungan antara kepemilikan jamban dengan pencemaran tanah oleh telur cacing nematoda usus (nilai Fisher’s exact test : 0,284)
Kesimpulan kepemilikan jamban di Desa Kaliputih sudah termasuk dalam kategori baik, dari 46 sampel yang di teliti, 10 sampel tanah (22%) positif tercemar telur cacing nematoda usus, tidak ada hubungan antara kepemilikan jamban dengan pencemaran tanah oleh telur cacing nematoda usus. Saran dalam penelitian ini yaitu melakukan pembangunan jamban keluarga bagi keluarga yang belum memiliki jamban, masyarakat sebaiknya membuang tinja di jamban yang saniter, meningkatkan penyuluhan tentang pentingnya kesehatan lingkungan dan PHBS terutama yang berhubungan dengan pembuangan tinja. 

Daftar bacaan :  23 (1979 – 2010)
Kata kunci      : Jamban, Pencemaran Tanah, Telur Cacing Nematoda Usus
Klasifikasi      :

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar