Selasa, 25 Maret 2014

STUDI ANGKA KUMAN PADA TELAPAK TANGAN PERAWAT DI RUANG PERAWATAN RUMAH SAKIT

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan 
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2010 

Abstrak
Eka Setiawati (echatia@yahoo.com)
STUDI ANGKA KUMAN PADA TELAPAK TANGAN PERAWAT DI RUANG PERAWATAN RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH GOMBONG KABUPATEN KEBUMEN TAHUN 2010
 xv + 51 halaman, tabel, gambar, lampiran 

Rumah sakit sangat riskan dengan pertumbuhan berbagai kuman penyakit di lingkungannya. Salah satu media atau agent penyebaran bibit penyakit adalah perawat di ruang perawatan. Kuman ataupun bibit penyakit dapat menempel pada telapak tangan perawat dan dapat berasal dari meja, gagang pintu ataupun benda-benda lainnya yang disentuh perawat pada aktifitas sehari-harinya sebelum melakukan tindakan medis kepada pasien.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktifitas, cara aseptis telapak tangan  dan angka kuman pada telapak tangan perawat sebelum melakukan tindakan medis di ruang perawatan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong. 
Jenis penelitian ini adalah Deskriptif. Sampel diambil 31 dari 162 responden dengan metode purposive sampling. Pengambilan sampel ini berdasarkan pada kriteria tertentu yaitu, sampel adalah perawat yang berada di ruang perawatan dan akan melakukan tindakan medis secara langsung kepada pasien. Pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan pemeriksaan laboratorium. Pengolahan data menggunakan editing, coding dan tabulating. Data dalam penelitian disajikan dalam bentuk tabel dan narasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan data hasil wawancara, observasi dan pemeriksaan laboratorium.
Hasil penelitian adalah gambaran tindakan perawat sebelum melakukan tindakan medis yaitu 67,79% menyentuh benda atau alat (gagang pintu, meja) dan 32,26% melakukan kegiatan lain-lain (duduk, nulis, menyiapkan obat). Gambaran tindakan perawat dalam melakukan aseptis telapak tangan sebelum melakukan tindakan medis yaitu 77,42% cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, 9,68% cuci tangan tanpa sabun dan air mengalir dan 12,90% melakukan dua cara aseptis telapak tangan yaitu cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta usap telapak tangan dengan alkohol. Jumlah angka kuman pada telapak tangan perawat berkisar antara 1 Koloni/Cm sampai 46 Koloni/Cm2 dengan rata-rata 18,74 Koloni/Cm2
Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa angka kuman pada telapak tangan perawat di
Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gombong dipengaruhi oleh aktifitas perawat sebelum melakukan tindakan medis dan cara aseptis telapak tangan. Peneliti menyarankan agar perawat memperhatikan tindakan aktifitas mereka sebelum melakukan tindakan medis dan lebih memperhatikan cara mereka melakukan tindakan aseptis telapak tangan dengan lebih teliti. 

Daftar bacaan : 1981-2010 (25)
Kata Kunci     : Angka kuman pada telapak tangan perawat
Klasifikasi      : -

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar