Selasa, 25 Maret 2014

TINJAUAN PENGELOLAAN SAMPAH MEDIS DI RUMAH SAKIT

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia 
Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang 
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto  
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Karya Tulis Ilmiah, Juli 2010 


ABSTRAK 
Norberto Da Cruz (betmardu@yahoo.com)
TINJAUAN PENGELOLAAN SAMPAH MEDIS DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH PROF. DR. MARGONO SOEKARJO PURWOKERTO TAHUN 2010
Xiii+63 Halaman, Tabel, Gambar, Lampiran 

Rumah sakit merupakan sarana kesehatan yang cukup berperan dalam pembangunan dibidang kesehatan. Kegiatan yang berada di institusi rumah sakit yang meliputi  pelayanan medik, rawat jalan, rawat inap serta kegiatan lainnya akan menghasilkan bahan buangan yang berbentuk limbah padat, cair dan gas dimana limbah tersebut dapat bersifat infeksius dan bisa mencemari lingkungan.  
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui sumber penghasil sampah medis, mengetahui cara pemisahan sampah medis, mengetahui tempat penampungan sementara sampah medis, mengetahui proses pengangkutan dan pengumpulan sampah dan mengetahui proses pembuangan akhir sampah medis di Rumah Sakit Umum Daerah Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif yaitu untuk memperoleh gambaran yang jelas dan nyata tentang sistem pengelolaan sampah medis di Rumah Sakit Umum Daerah Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto.
Hasil penelitian menunjukan bahwa di Rumah Sakit Umum Daerah Prof. Dr. Margono Soekarjo Purwokerto jumlah penimbulan sampah medis perhari sebesar 150 kg dari total 24 ruangan yang menghasilkan sampah medis
Kesimpulan penelitian ini adalah pengelola sampah medis di Rumah Sakit Umum Daerah Prof.DR.Margono Soekarjo Purwokerto masih memerlukan penanganan yang lebih baik khususnya dalam hal pemisahan sampah medis menurut kriterianya.Untuk meningkatkan kondisi pengelola sampah medis yang lebih baik,maka disarankan agar pihak IPL RS mengelola sampah medis dengan teratur dan sesuai dengan syarat kesehatan.  

Daftar bacaan    : 15(1982-2009
Kata kunci         : Sampah Medis,Rumah Sakit,Pengelolaan.
Klasifikasi         : 

 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar