Minggu, 13 Oktober 2019

TINJAUAN SANITASI PERMUKIMAN DI DESA KLACES KECAMATAN KAMPUNG LAUT KABUPATEN CILACAP TAHUN 2019

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Tugas Akhir, Mei 2019
Abstrak
Mirnawati (mirnaajah14@gmail.com)
TINJAUAN SANITASI PERMUKIMAN DI DESA KLACES KECAMATAN KAMPUNG
LAUT KABUPATEN CILACAP TAHUN 2019
XV + 72 halaman : Lampiran, tabel, gambar

Permukiman merupakan bagian dari lingkungan hidup, permukiman tidak sehat dapat mengakibatkan penyakit berbasis lingkungan. Permasalahan di Desa Klaces berupa kondisi pembuangan tinja, pembuangan sampah, pembuangan air limbah dan pengendalian vektor. Tujuan penelitian adalah mengetahui sanitasi permukiman di Desa Klaces.
Metode penelitian deskriptif dengan cara observasi, pengukuran, wawancara serta studi kepustakaan untuk memperoleh gambaran umum kondisi sanitasi permukiman di Desa Klaces. Subyek penelitian adalah sanitasi perumahan di Desa Klaces dengan mengambil sampel 50 rumah.
Hasil penelitian, kondisi sanitasi permukiman di Desa Klaces seperti kondisi fisik bangunan sebanyak 74% memenuhi syarat, penyediaan air bersih sebanyak 100% memenuhi syarat, sarana pembuangan kotoran dan septictank sebanyak 58% memenuhi syarat, pembuangan air limbah sebanyak 100% tidak memenuhi syarat, pembuangan sampah sebanyak 100% tidak memenuhi syarat, pengendalian vektor sebanyak 100% tidak memenuhi syarat, suhu ruangan sebanyak 6% memenuhi syarat, kelembaban sebanyak 26% memenuhi syarat, pencahayaan sebanyak 84% memenuhi syarat dan sarana dan prasarana sebanyak 84% memenuhi syarat.
Kesimpulan kondisi sanitasi permukiman di Desa Klaces memenuhi syarat, namun masih banyak yang belum memenuhi syarat kesehatan seperti pembuangan air limbah, pembuangan tinja, pembuangan sampah, dan pengendalian vektor sebanyak 100%. Disarankan sebaiknya pihak pemerintah dari dinas kesehatan dan puskesmas bekerjasama melakukan penyuluhan pada rumah warga.

Daftar bacaan : 16 (1999-2018)
Kata kunci      : Sanitasi,Permukiman
Klasifikasi      : -
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar