Minggu, 13 Oktober 2019

SANITASI PONDOK PESANTREN RAUDHOTUT THOLIBIN DESA DUKUHWALUH KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2019

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Tugas Akhir, Mei 2019
Abstrak
Moudia Intan Purnama (moudiaintanpurnama@gmail.com)
SANITASI PONDOK PESANTREN RAUDHOTUT THOLIBIN DESA DUKUHWALUH KECAMATAN KEMBARAN KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2019
XVII+83 halaman: gambar, tabel, lampiran

Salah satu tempat-tempat umum yang dapat menimbulkan masalah kesehatan adalah Pondok Pesantren. Untuk mencegah risiko atau timbulnya suatu penyakit di Pondok Pesantren perlu dilakukan upaya sanitasi. Berdasarkan survei yang peneliti lakukan di Pondok Pesantren Raudhotut Tholibin ditemukan aspek sanitasi lingkungan yang belum memenuhi syarat. Tujuan penelitian  untuk mendeskripsikan kondisi sanitasi Pondok Pesantren Raudhotut Tholibin Desa Dukuhwaluh Kecamatan Kembaran Kabupaten Banyumas Tahun 2019.
Jenis penelitian deskriptif bertujuan mendeskripsikan sanitasi Pondok Pesantren Raudhotut Tholibin. Cara pengumpulan data yaitu dengan melakukan pengamatan langsung pada kondisi Pondok Pesantren dengan menggunakan checklist, wawancara dengan pengurus dan santri yang tinggal di Pondok Pesantren menggunakan kuisioner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi sanitasi Pondok Pesantren Raudhotut Tholibin dikategorikan baik dengan skor 64,44%. Lingkungan dalam keadaan bersih dan tidak ada sampah yang berserakan, konstruksi bangunan sudah baik, penempatan barang-barang pada ruang tidur tidak sesuai dan suhu dalam ruangan melebihi standar yang ditentukan, kuantitas air bersih masih belum memenuhi kebutuhan, tempat sampah yang tersedia masih belum memiliki tutup, sarana pembuangan air limbah sudah baik, tempat penyimpanan alat memasak tidak memiliki tutup, belum dilakukannya pengendalian vektor dan binatang pengganggu serta tidak ada pengelolaan limbah cair dahulu sebelum dibuang ke lingkungan. Meskipun secara keseluruhan keadaan sanitasi Pondok Pesantren baik, namun ada beberapa komponen yang belum memenuhi syarat. Penulis menyarankan agar konstruksi bangunan Pondok di perbaiki, memberikan himbauan kepada santri untuk meningkatkan perilaku sehat dan meningkatkan pengawasan Pondok dari Dinas Kesehatan terkait.

Daftar Bacaan : 19 (1999-2018)
Kata Kunci      : Sanitasi, Sanitasi Pondok Pesantren
Klasifikasi       : -
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar