Selasa, 01 Oktober 2019

INSPEKSI SANITASI KAPAL BARANG “DAREEN” DI PELABUHAN TANJUNG INTAN KABUPATEN CILACAP TAHUN 2019

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Tugas Akhir, Mei 2019
Abstrak
Yesi Riska Amalia (amaliayesi11@gmail.com)
INSPEKSI SANITASI KAPAL BARANG “DAREEN” DI PELABUHAN TANJUNG INTAN KABUPATEN CILACAP TAHUN 2019
xvii + 60 halaman : Lampiran, tabel, gambar

Kapal adalah semua alat angkut termasuk milik angkatan bersenjata dan yang dapat berlayar. Kapal harus bebas dari faktor risiko lingkungan sehingga tidak menjadi tempat perkembang biakan vektor penyakit dan tidak menularkan penyakit. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sanitasi pada Kapal Barang Dareen di Pelabuhan Tanjung Intan Kabupaten Cilacap.
Jenis penelitian yang digunakan yaitu observasi dengan metode penelitian deskriptif, yaitu menggambarkan tentang kondisi yang sesungguhnya sesuai data yang yang diperoleh dalam penelitian pada Kapal Barang Dareen di Pelabuhan Tanjung Intan Kabupaten Cilacap.
Hasil penelitian, kondisi sanitasi Kapal Barang Dareen di Pelabuhan Tanjung Intan Kabupaten Cilacap seperti sanitasi lingkungan pada dapur secara penilaian memenuhi syarat sebesar 87,5 %, gudang memenuhi syarat sebesar 85,8 %, kamar/cabin memenuhi syarat sebesar 75 %, dek/geladak memenuhi syarat sebesar 100 %, kamar mandi/WC memenuhi syarat sebesar 57 %, penyediaan air memenuhi syarat sebesar 100 %, hygiene sanitasi makanan dan minuman memenuhi syarat sebesar 83,4 %, penanganan sampah memenuhi syarat sebesar 80 %, pengendalian vektor dan binatang pengganggu sudah memenuhi syarat sebesar 71%, pengelolaan limbah cair belum memenuhi syarat sebesar 20 %, dan kondisi APD untuk awak kapal memenuhi syarat sebesar 100 %.
Kesimpulan penelitian adalah kondisi sanitasi pada Kapal Barang Dareen di Pelabuhan Tanjung Intan Kabupaten Cilacap sudah memenuhi syarat sebesar 81,3%, namun pengelolaan limbah cair secara penilaian belum memenuhi syarat sebesar 20%. Disarankan sebaiknya pemerintah dan perusahaan pemilik kapal bekerja sama untuk mengelola limbah cair sebelum dibuang ke lingkungan.

Daftar Bacaan : 21 (1985-2018)
Kata Kunci     : Sanitasi Kapal
Klasifikasi      : -
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar