Minggu, 13 Oktober 2019

STUDI SISA CHLOR DI RESERVOAR DAN JARINGAN DISTRIBUSI PELANGGAN IPA 2 SEMPOR PDAM TIRTA BUMI SENTOSA WILAYAH PELAYANAN GOMBONG TAHUN 2019.

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Tugas Akhir, Mei 2019
Abstrak
Ayu Indrarti (ayuindrarti123@gmail.com)
STUDI SISA CHLOR DI RESERVOAR DAN JARINGAN DISTRIBUSI PELANGGAN IPA 2 SEMPOR PDAM TIRTA BUMI SENTOSA WILAYAH PELAYANAN GOMBONG TAHUN 2019.
XVI+44: tabel, gambar, lampiran.

PDAM Tirta Bumi Sentosa Unit Sempor terletak di Desa Bojong, Tanjungseto, Sempor, Kabupaten Kebumen yang merupakan satu-satunya perusahaan air minum berskala BUMD yang ada di Kecamatan Sempor. Kebutuhan air minum sebagian besar warga bersumber dari PDAM tersebut. Dalam memenuhi kebutuhan air untuk masyarakat, PDAM Tirta Bumi Sentosa memanfaatkan sumber air baku yang berasal dari waduk Sempor. Berdasarkan data pemeriksaan pada bulan November 2018, hasil pemeriksaan sisa chlor berkisar 0,1-0,6 ppm. Parameter yang diperiksa yaitu fisika, kimia, dan bakteriologi. Parameter yang belum memenuhi persyaratan kesehatan yaitu parameter fisika seperti kekeruhan, bau (berbau kaporit), dan jumlah zat padat terlarut (TDS). Keberadaan sisa chlor sangat diperlukan karena dapat mengurangi pertumbuhan mikroorganisme sekaligus memperkecil potensi penularan penyakit melalui air.
Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif yang bersifat deskriptif karena data diperoleh dalam bentuk kalimat dan diuraikan menjadi gambaran kejadian. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan cara observasi, serta wawancara untuk memperoleh gambaran umum tentang pemeriksaan sisa chlor di PDAM Tirta Bumi Sentosa Unit Sempor.
Hasil penelitian secara umum pemeriksaan sisa chlor di reservoir dan jaringan distribusi pelanggan IPA 2 Sempor PDAM Tirta Bumi Sentosa wilayah pelayanan Gombong dengan kadar sisa chlor di reservoir 0,7 mg/l, kadar sisa chlor pada jarak pelayanan dekat 0,7 mg/l dengan jarak 4 km dari titik klorinasi, kadar sisa chlor pada jarak pelayanan sedang 0,8 mg/l dengan jarak 7 km dari titik klorinasi, dan kadar sisa chlor pada jarak pelayanan terjauh 0,1 mg/l dengan jarak 11 km dari titik klorinasi. Kesimpulan penelitian adalah secara umum pemeriksaan sisa chlor di Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sempor PDAM Tirta Bumi Sentosa sudah memenuhi syarat, sehingga perlu dipertahankan kualitasnya.

Daftar bacaan : 17 (1983-2010)
Kata kunci      : Sisa chlor, jarak, PDAM.
Klasifikasi      : -
Fulltext

1 komentar:

  1. numpang promote ya min ^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus