Selasa, 01 Oktober 2019

TINJAUAN PENGOLAHAN AIR MINUM DI UNIT PRODUKSI WADUK GAJAH MUNGKUR PDAM GIRI TIRTA SARI, KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2019

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Tugas Akhir , Mei 2019
Abstrak
Rizka Rachma Aryunda (aryundaalma@gmail.com)
TINJAUAN PENGOLAHAN AIR MINUM DI UNIT PRODUKSI WADUK GAJAH MUNGKUR PDAM GIRI TIRTA SARI, KABUPATEN WONOGIRI TAHUN 2019
XVII + 86 halaman: gambar, tabel, lampiran

Seiring dengan semakin sibuknya aktivitas manusia dan letak Wonogiri yang kebanyakan kecamatannya pegunungan maka masyarakatnya lebih memilih cara yang praktis dengan salah satu alternatif untuk memenuhi kebutuhan airnya menggunakan air yang diolah PDAM. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengolahan air minum di unit produksi Waduk Gajah Mungkur PDAM Giri Tirta Sari, Kabupaten Wonogiri.
Jenis penelitian deskriptif yaitu dengan cara membandingkan hasil penelitian dengan teori dan peraturan yang berlaku yaitu Permenkes No.32 tahun 2017, Nusa Idaman Said Tahun 2008, Howard dan Bartram WHO (2003), Tri Joko Tahun 2010.
Hasil penelitian menunjukan sumber air baku berasal dari Waduk Gajah Mungkur. Teknik pengolahan air baku yang dilaksanakan yaitu intake, koagulasi, flokulasi, sedimentasi, filtrasi, desinfeksi dan reservoir. Kualitas dari pengolahan parameter fisik, kimia semua hasil pemeriksaan memenuhi standar. Sedangkan bakteriologi tidak semua hasil pemeriksaan memenuhi standar. Kuantitas dari pengolahan debit 60 liter/detik mampu memproduksi 5.184.000 liter/hari.
Kesimpulan, unit operasi pengolahan air minum dalam kategori penilaian “Baik”. Kualitas fisik, kimia memenuhi syarat, bakteriologi tidak semua memenuhi syarat. Kuantitas sudah mencukupi. Peneliti menyarankan untuk petugas lebih meningkatkan pemeliharaan, pengawasan, pemeriksaan di unit intake, koagulasi, flokulasi, sedimentasi, filtrasi, desinfeksi, reservoir untuk menjaga agar tetap mencapai persyaratan yang sudah ditetapkan di PDAM Giri Tirta Sari.

Kepusrakaan : 20 (1996-2017)
Kata Kunci   : Pengolahan Air Bersih, PDAM, Kesehatan Lingkungan
Klasifikasi    : -
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar