Jumat, 04 Oktober 2019

STUDI KUALITAS FISIK UDARA DI PT. VARIA USAHA BETON KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2019

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Tugas Akhir, Mei 2019
ABSTRAK
Catur Kharismania (Caturkarismania@gmail.com)
STUDI KUALITAS FISIK UDARA DI PT. VARIA USAHA BETON KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN 2019
xv + 100 halaman : gambar, tabel, lampiran

PT. Varia Usaha Beton merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang produksi beton. Di PT. Varia Usaha Beton terdapat alat-alat yang menghasilkan suara, pencahayaan diindustri tersebut kurang jelas untuk bekerja, kurangnya ventilasi menyebabkan karyawan merasakan panas, lingkungan sekitar pabrik tertutup debu, pekerja jarang menggunakan alat pelindung diri saat bekerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur suhu, kelembapan, intensitas suara, intensitas cahaya, kadar debu total, kecepatan angin, arah angin, luas ventilasi, sumber bising.
Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan crossectional yaitu data diperoleh pada satu titik waktu. Subyek penelitian ini adalah pengukuran suhu udara, kelembapan udara, intensitas suara, intensitas cahaya, kadar debu total, kecepatan angin, arah angin, luas ventilasi.
Hasil pengukuran suhu udara yaitu 30,10C tidak memenuhi syarat. Hasil pengukuran kelembapan udara yaitu 66,6 % tidak memenuhi syarat. Hasil pengukuran intensitas cahaya 359,9 Lux memenuhi syarat. Hasil pengukuran intensitas suara yaitu 72,8 dBA memenuhi syarat. Hasil pengukuran kecepatan angin yaitu 0,50 m/dtk memenuhi syarat. Hasil pengukuran kadar debu yaitu 14,496 mg/m3 tidak memenuhi syarat. Hasil pengukuran luas ventilasi yaitu 25,2 % memenuhi syarat.
Kesimpulan bahwa terdapat tiga pengukuran yang tidak memenuhi syarat yaitu pengukuran suhu udara, kelembapan udara, kadar debu total. Pengukuran intensitas cahaya, intensitas suara, kecepatan angin dan luas ventilasi memenuhi syarat. Disarankan untuk perusahaan yaitu membuat ventilasi dengan luas ventilasi 25 % dari luas lantai di ruang kerja, penambahan exhauster atau blower di ruang kerja, pada bagian produksi dilengkapi penyedot debu yang diletakkan di dekat mesin atau sumber debu, pemilik menyediakan alat pelindung diri sesuai dengan resiko bahaya.

Daftar bacaan :  18 (2000-2018)
Kata kunci      :  Kualitas Fisik Udara, PT. Varia Usaha Beton
Kasifikasi       :  -
Fulltext

1 komentar:

  1. numpang promote ya min ^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus