Rabu, 02 Oktober 2019

STUDI PENGELOLAAN SAMPAH MEDIS DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT FATMAWATI KOTA JAKARTA SELATAN TAHUN 2019.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi DIII Kesehatan Lingkungan
Tugas Akhir, Mei 2019
Abstrak
Laela Nurul Fajriyah (nurul26593@gmail.com)
STUDI PENGELOLAAN SAMPAH MEDIS DI RUMAH SAKIT UMUM PUSAT FATMAWATI KOTA JAKARTA SELATAN TAHUN 2019.
XV + 91 halaman, gambar, tabel, lampiran

Rumah sakit merupakan salah satu penyelenggara pelayanan publik. Dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan berpotensi menghasilkan sampah, Salah satunya adalah Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati Kota Jakarta Selatan merupakan rumah sakit milik Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, dan merupakan salah satu rumah sakit yang menghasilkan sampah medis dari setiap kegiatan medis didalam rumah sakit. Jika sampah medis tersebut tidak dilakukan pengelolaan dengan baik, maka dapat menimbulkan pencemaran lingkungan dan sumber penyakit. Tujuan penelitian ini adalahuntuk mengetahui pengelolaan sampah medis di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati Kota Jakarta Selatan.
Metode penelitian menggunakan penelitian deskriptif yang menggambarkan pengelolaan sampah medis di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati Kota jakarta Selatan. Penelitian dilakukan dengan cara observasi dan wawancara mengenai pengelolaan sampah medis di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati Kota Jakarta Selatan.
Hasil pada tahap penimbulan sampah medis di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati Kota Jakarta Selatan, sampah medis sudah dipilah sesuai dengan jenis sampahnya. Pada tahap Pewadahan, tempat sampah di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati Kota jakarta Selatan mempunyai jumlah tempat sampah medis sejumlah 271 buah dengan volume masing - masing tempat sampah 60 liter, pencucian tempat sampah medis dilakukan setiap hari dan kemudian di desinfektan. Pada tahap pengumpulan sampah medis dilakukan setiap hari dari ruangan penghasil sampah medis dan dikumpulkan ke TPS menggunakan troli dorong atau whell bin. Pengangkutan sampah medis dilakukan setiap hari menggunakan troli dorong atau whell bin. Khusus sampah medis dan pengangkutan sampah medis dilakukan tiga kali sehari. Pada tahap pembuangan akhir sampah medis bekerjasama dengan PT. Jasa Medivest, pengangkutan dilakukan setiap hari menggunakan mobil box tertututp rapat untuk mencegah pencemaran udara dari sampah yang menimbulkan bau yang tidak sedap.
Kesimpulan Pengelolaan sampah medis di Rumah Sakit Umum Pusat Fatmawati secara keseluruhan sudah memenuhi persyaratan, Namun masih terdapat 2 item yang belum memenuhi syarat yaitu pada tahap penimbulan sampah medis masih ditemukan sampah non medis di tempat sampah medis dan petugas pengelola sampah yang tidak menggunakan helm atau penutup kepla pada saat berkerja.

Daftar bacaan :  12 bacaan (1991 – 2018)
Kata Kunci     :   pengelolaan, sampah medis, rumah sakit
Klasifikasi      :
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar