Senin, 07 Oktober 2019

SANITASI KAPAL MV. HIGHWAY DI PELABUHAN TANJUNG EMAS SEMARANG TAHUN 2019

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Tugas Akhir, Mei 2019
Abstrak
Lailatul Rahmawati (lailatulrahmawati29@gmail.com)
SANITASI KAPAL MV. HIGHWAY DI PELABUHAN TANJUNG EMAS SEMARANG TAHUN 2019
XV + 53 halaman: gambar, lampiran, tabel

Peningkatan dan pengembangan usaha pariwisata, transportasi dan usaha untuk umum mendorong peningkatan mobilitas manusia. Lalu lintas manusia akan menyebabkan terjadinya penularan penyakit karantina karena faktor risiko lingkungan pada kapal yang menjadi tempat perkembangbiakan vektor dan menularkan penyakit. Sehingga, perlu adanya sanitasi kapal untuk memutus mata rantai penularan penyakit atau kontaminasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menilai dan mengetahui kondisi sanitasi kapal.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif yang tujuannya untuk menyajikan gambaran kondisi sanitasi Kapal MV. Highway. Cara pengumpulan data yaitu dengan melakukan pengamatan langsung pada objek yang diteliti dengan menggunakan checklist, wawancara dengan awak buah kapal dengan menggunakan questioner dan pengukuran pencahayaan dan pH.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi sanitasi Kapal MV. Highway bagian dalam, fasilitas penunjang, dan pengukuran pencahayaan secara umum sudah memenuhi syarat. dengan presentase sebesar 96,07%. Menurut checklist Keputusan Dirjen P2P sanitasi kapal memenuhi syarat apabila persentasenya ≥ 60%.
Kesimpulan : kondisi sanitasi KapaL MV. Highway sudah memenuhi syarat dengan total hasil penilaian 96,07% dan komponen yang tidak memenuhi syarat sebesar 3,93% dengan tingkat risiko gangguan kesehatan rendah. Penulis menyarankan untuk dilakukan pengelolaan limbah cair dan kapten kapal dapat memberikan himbaun kepada ABK untuk menjaga kondisi kapal agar tetap seniter.

Daftar Bacaan : 15 (2005-2018)
Kata Kunci      : Sanitasi Kapal
Klasifikasi       : -
Fulltext

1 komentar:

  1. numpang promote ya min ^^
    ingin mendapatkan uang banyak dengan cara cepat ayo segera bergabung dengan kami di f4n5p0k3r
    Promo Fans**poker saat ini :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis
    Ayo di tunggu apa lagi Segera bergabung ya, di tunggu lo ^.^

    BalasHapus