Jumat, 04 Oktober 2019

STUDI KUALITAS MIKROBIOLOGI Escherichia coli PADA ES BALOK KONSUMSI DI PABRIK PEKAES KOTA PEKALONGAN TAHUN 2019

Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Tugas Akhir, Mei 2019
Abstrak
Eko Nugroho ( nugrohoeko15@gmail.com )
STUDI KUALITAS MIKROBIOLOGI Escherichia coli PADA ES BALOK KONSUMSI DI PABRIK PEKAES KOTA PEKALONGAN TAHUN 2019
XVI + 75 halaman: gambar, tabel, lampiran

Proses pembuatan es balok konsumsi harus memenuhi persyaratan sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 492 tahun 2010 tentang persyaratan kualitas air minum. Tujuan penelitian untuk mengetahui kualitas air es balok secara fisik meliputi bau, rasa, warna dan kekeruhan, kimia meliputi sisa chlor dan pH, serta mikrobiologi meliputi kualitas mikrobiologi Escherichia coli serta menggambarkan kondisi hygiene dan sanitasi di Pabrik Pekaes Kota Pekalongan.
Jenis penelitian adalah deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kualitas mikrobiologi Escherichia coli pada es balok konsumsi selanjutnya data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan tabel.
Hasil Penelitian dengan pengukuran secara duplo menunjukan kualitas fisik pada air baku, air proses dan dan es balok konsumsi secara fisik yaitu tidak berbau, tidak berasa, tidak berwarna dan kekeruhan tidak lebih dari 5 NTU, kualitas rata-rata pH dan sisa chlor pada air baku, air proses es balok konsumsi yaitu 7 dan 0,2 mg/ l, hasil ratarata kualitas bakteri Escherichia coli pada air baku dan air proses sebesar 0/ 100 ml dan sampel es balok sebesar 3,5/ 100 ml sampel, hasil penilaian kondisi hygiene sebesar 53% dengan kategori tidak memenuhi syarat dan kondisi sanitasi sebesar 64% dengan kategori memenuhi syarat. Kesimpulan, pemeriksaan kualitas fisik dan kimia telah memenuhi syarat, namun pada pemeriksaan mikrobiologi belum memenuhi syarat pada sampel es balok. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 492 tahun 2010 tentang Persyaratan kualitas air yaitu 0/ 100 ml sampel. Oleh karena itu disarankan untuk Pabrik Pekaes Kota Pekalongan lebih memperhatikan hygiene dan sanitasi supaya es balok yang dikonsumsi masyarakat sesuai persyaratan kesehatan, dan Dinas Kesehatan Kota Pekalongan diharapkan untuk meningkatkan penyuluhan dan pembinaan terkait perbaikan kualitas es balok.

Daftar bacaan : 32 (1995-2018)
Kata Kunci     : Escherichia coli, Es Balok
Klasifikasi      : -
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar