Selasa, 01 Oktober 2019

KUALITAS MIKROBIOLOGIS MINUMAN ES TEH MANIS DI KOMPLEK GOR SATRIA PURWOKERTO TAHUN 2019

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang
Jurusan Kesehatan Lingkungan Purwokerto
Program Studi Diploma III Kesehatan Lingkungan
Tugas Akhir, Mei 2019
Abstrak
Tika Indriani ( tikaindriani3@gmail.com )
KUALITAS MIKROBIOLOGIS MINUMAN ES TEH MANIS DI KOMPLEK GOR SATRIA PURWOKERTO TAHUN 2019
Xiv+ 80 halaman: gambar, tabel, lampiran

Minuman es teh manis merupakan salah satu minuman dengan bahan baku air minum, es batu dan serbuk teh sehingga menungkinkan terjadinya kontaminasi pada minuman teh oleh mikroorganisme. Salah satu bakteri yang relatif hidup di air yaitu bakteri coliform. Pengolahan es teh manis yang kurang baik dapat menyebabkan kerusakan, mulai dari pemilihan bahan, penyimpanan bahan, proses pengolahan bahan, pengangkutan minuman, penyimpanan minuman, dan penyajian minuman yang dapat menimbulkan penyakit bagi konsumen khususnya pengunjung GOR (Gelanggang Olahraga) Satria Purwokerto saat hari minggu. Tujuan Penelitian Mengetahui kualitas mikrobiologis minuman es teh manis di komplek GOR Satria Purwokerto.
Jenis penelitian yang digunakan adalah bersifat deskriptif yaitu menggambarkan kualitas mikrobiologis minuman es teh manis di komplek GOR Satria Purwokerto tahun 2019. Penelitian dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan pemeriksaan terhadap 5 sampel minuman es teh manis.
Hasil pemeriksaan jumlah coliform di laboratorium pada 5 sampel yang diambil dari pedagang minuman es teh manis yaitu sampel A ( >240/100 ml ), sampel B ( 240/100 ml ), sampel C ( 240/100 ml ), sampel D ( >240/100 ml ), sampel E ( >240/100 ml ). Hasil tersebut menunjukkan bahwa semua sampel melebihi standar yang telah ditetapkan oleh Peraturan Badan Pengawas Obat dan Makanan RI No. HK.00.06.1.52.4011 Tahun 2009 tentang batas maksimum cemaran mikroba dan kimia dalam makanan adalah <2 51="" cukup="" dengan="" dikategorikan="" es="" hasil="" manis="" minuman="" ml.="" nilai="" p="" pengolahan="" penilaian="" rata-rata="" sanitasi="" teh="">
Kesimpulan penelitian adalah jumlah bakteri coliform pada minuman es teh manis di komplek GOR Satria Purwokerto tidak memenuhi syarat kesehatan. Semua sampel yang dIperiksa menunjukkan bahwa kualitas mikrobiologis yaitu > 240/100 ml dan kondisi personal hygiene para pedagang didapatkan bahwa sebagian besar pedagang belum menerapkan personal hygiene. Disarankan perlu ada pengawasan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banyumas terhadap pedagang dan memberikan sosialisasi personal hygiene, hygiene sanitasi pengolahan makanan dan minuman kepada pedagang. Diharapkan kepada pedagang dalam penyediaan bahan berasal dari bahan yang terjamin kualitasnya, tidak kadaluwarsa, membuat es batu sendiri agar terjamin kebersihannya, serta mengutamakan perilaku personal hygiene sehingga terhindar dari kontaminasi dari penjamah, dan menjaga kebersihan disekitar lokasi tempat penjualan.

Daftar bacaan : 32 ( 1988 – 2018 )
Kata Kunci     : Kualitas Mikrobiologis, Minuman Es Teh Manis
Klasifikasi      :
Fulltext

Tidak ada komentar:

Posting Komentar